Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Venue" Asian Games dan Penataan Kawasan GBK Senayan Rampung Juli 2018

Kompas.com - 24/06/2018, 21:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seluruh pekerjaan venue dan sarana-prasaran penunjang Asian Games di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Senayan ditargetkan rampung bulan depan atau Juli 2018.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, untuk venue, tinggal arena squash yang masih dikerjakan hingga kini.

"Squash sedang dalam pelaksanaan, sudah 92 persen," kata Basuki usai meninjau Kompleks GBK, Minggu (24/6/2018).

Baca juga: Basuki Desak Pemprov DKI Percepat Konstruksi Trotoar Sudirman

Adapun di luar venue, pekerjaan yang hingga kini masih dikebut seperti pembangunan dua elevated parking, serta penataan kawasan GBK.

Penataan kawasan ini meliputi pekerjaan cauldron, area pedestrian, 12 sculpture yang akan diletakkan di koridor Plaza Timur, serta mushola yang dilengkapi food court dan toilet.

"Jadi saya kira Juli selesai. Kawasan semua juga sudah oke. Karena tadi, untuk toilet saniter sudah ada, tapi kalau dipasang sebelum Lebaran takutnya hilang, jadi semua sudah siap," kata Basuki.

Khusus sculpture, Basuki menambahkan, pekerjaannya telah selesai, namun belum dipasang. Sculpture tersebut dirancang oleh arsitek Yori Antar.

Ke-12 sculpture yang akan dipasang menampilkan gestur ikonik dari 12 cabang olahraga, seperti bulutangkis, lempar lembing, sepakbola, pencak silat, renang, lari, dan voli.

Sculpture tersebut disusun dengan gradasi ketinggian mulai dari air hingga lompatan di udara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com