Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Desak Pemprov DKI Percepat Konstruksi Trotoar Sudirman

Kompas.com - 24/06/2018, 20:19 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendesak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengebut pekerjaan trotoar di sepanjang koridor Sudirman.

Hal ini menyusul penyelenggaraan Asian Games ke-18 yang hanya menyisakan waktu 55 hari lagi, hingga pembukaan pada 18 Agustus mendatang.

"Yang penting penyelesaian jalur pedestrian Sudirman. Walaupun pelaksananya adalah Pemda DKI, saya sebagai ketua sarana dan prasaran Asian Games bertanggung jawab menyelesaikan itu, saya akan dorong untuk bisa mempercepat pengerjaan," kata Basuki saat meninjau kesiapan Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (24/6/2018).

Baca juga: Dengan Golf Car, Basuki Cek Kesiapan Sarana-Prasarana Asian Games

Hingga kini, pekerjaan konstruksi trotoar di koridor tersebut belum menunjukkan perkembangan berarti. Padahal, menurut Basuki, pekerjaan tersebut tidak terlalu rumit.

"Bikin trotoar di Jakarta kan enggak susah. Kalau malam di Jakarta juga terang. Tinggal tambah orang, material, jam, selesai," ungkapnya.

Namun demikian, Basuki menyatakan, enggan mengambil alih pekerjaan trotoar tersebut. Sebab, selain proyek tersebut merupakan pekerjaan Pemprov DKI, juga ada tanggung jawab PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta di sana.

"Ada enam kontrak, yang tiga dengan MRT karena di kawasan MRT, di kawasan exit MRT itu tanggung jawab MRT. Yang lainnya DKI," ujarnya.

"Saya hanya ingin bantu karena itu BUMN dan BUMD yang kerja, saya ikut mendorong supaya lebih cepat," tuntas Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com