Basuki Desak Pemprov DKI Percepat Konstruksi Trotoar Sudirman

Kompas.com - 24/06/2018, 20:19 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mengecek kesiapan trotoar di koridor Sudirman, Jakarta, Minggu (24/6/2018). Kompas.com / Dani PrabowoMenteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mengecek kesiapan trotoar di koridor Sudirman, Jakarta, Minggu (24/6/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendesak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengebut pekerjaan trotoar di sepanjang koridor Sudirman.

Hal ini menyusul penyelenggaraan Asian Games ke-18 yang hanya menyisakan waktu 55 hari lagi, hingga pembukaan pada 18 Agustus mendatang.

"Yang penting penyelesaian jalur pedestrian Sudirman. Walaupun pelaksananya adalah Pemda DKI, saya sebagai ketua sarana dan prasaran Asian Games bertanggung jawab menyelesaikan itu, saya akan dorong untuk bisa mempercepat pengerjaan," kata Basuki saat meninjau kesiapan Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (24/6/2018).

Baca juga: Dengan Golf Car, Basuki Cek Kesiapan Sarana-Prasarana Asian Games

Hingga kini, pekerjaan konstruksi trotoar di koridor tersebut belum menunjukkan perkembangan berarti. Padahal, menurut Basuki, pekerjaan tersebut tidak terlalu rumit.

"Bikin trotoar di Jakarta kan enggak susah. Kalau malam di Jakarta juga terang. Tinggal tambah orang, material, jam, selesai," ungkapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun demikian, Basuki menyatakan, enggan mengambil alih pekerjaan trotoar tersebut. Sebab, selain proyek tersebut merupakan pekerjaan Pemprov DKI, juga ada tanggung jawab PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta di sana.

"Ada enam kontrak, yang tiga dengan MRT karena di kawasan MRT, di kawasan exit MRT itu tanggung jawab MRT. Yang lainnya DKI," ujarnya.

"Saya hanya ingin bantu karena itu BUMN dan BUMD yang kerja, saya ikut mendorong supaya lebih cepat," tuntas Basuki.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X