Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang "Pemilu", IAI Mulai Verifikasi Data Anggota

Kompas.com - 09/07/2018, 20:50 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang pemilihan ketua umum yang baru, pengurus DPP Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) mulai memverifikasi anggotanya.

Rencananya, hasil pemilihan tersebut akan diumumkan pada saat Munas IAI ke-15 di Bandung, Jawa Barat, pada 22 September mendatang.

Sekretaris Jenderal IAI Zaki Muttaqin menjelaskan, verifikasi anggota merupakan bagian dari amanat UU Nomor 6 Tahun 2017 tentang Arsitek.

Baca juga: Terapkan E-Voting, Pemilihan Ketum IAI Lebih Canggih Ketimbang Pilkada

Lewat verifikasi, anggota bisa mendapatkan berbagai benefit mulai dari pengembangan keprofesian berkelanjutan, status keanggotaan, hingga memperoleh data sebaran arsitek di Indonesia serta membantu pemerintah dalam pemetaan pembangunan.

"E-vote adalah salah satu (manfaatnya)," kata Zaki kepada Kompas.com, Senin (9/7/2018).

Untuk bisa memiliki hak pilih, sesuai dengan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (ART) IAI, maka seluruh anggota harus bersifat aktif.

Hingga kini, tercatat sekitar 1.800 anggota yang melakukan proses verifikasi secara online.

"Proses verifikasi terus dilakukan sampai semua terverifikasi. Namun, untuk e-vote pertama, sampai jelang akhir penutupan e-vote. Begitu pula untuk e-vote terakhir," kata dia.

Sekadar informasi, e-vote pertama dilakukan pada medio 23-30 Juli 2018. Dalam tahap ini, anggota yang telah melakukan verifikasi, berhak memilih bakal calon ketua umum yang telah mendaftar, untuk kemudian disaring menjadi calon ketua umum.

Penetapan hasil e-vote pertama akan dilakukan pada 13 Agustus 2018.

Sementara itu, e-vote kedua dilakukan pada 19-21 September 2018. Selama proses pemilihan, akan dilakukan penghitungan secara real time.

Namun sebelumnya, calon ketua umum yang lolos pada e-vote pertama diwajibkan kampanye terlebih dahulu pada 15 Agustus hingga 15 September 2018.

Untuk melakukan verifikasi keanggotaan, proses pengunggahan data (upload) telah dilakukan sejak 8 Juli 2018. Setelah itu proses verifikasi tahap pertama sebelum e-vote pertama dilakukan pada 9-22 Juli 2018.

Anggota yang ingin memverifikasi dapat mengunjungi laman iai.or.id atau bit.ly/verifikasi-iai-2018. Setelah itu, anggota harus memasukkan nomor anggota sesuai dengan yang tertera di kartu keanggotaan.

Setelah berhasil masuk, setiap anggota diwajibkan mengisi form verifikasi anggota serta memasukkan kode One Time Password (OTP) yang dikirimkan melalui layanan pesan singkat pada nomor ponsel masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com