Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Menarik: Tujuh Ruas Tol akan Diresmikan dan Pemilihan Ketum IAI

Kompas.com - 01/07/2018, 07:49 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berita mengenai Tol Solo-Ngawi menjelang diresmikan dalam waktu dekat menjadi berita paling menarik di kanal Properti Kompas.com, Sabtu (30/6/2018).

Selain itu, informasi tentang teknologi CMP yang diterapkan pada pembangunan Flyover Manahan serta pemilihan ketua umum baru Ikatan Arsitek Indonesia juga menyita perhatian banyak pembaca.   

Berikut ini daftar selengkapnya:

1. Kondisi Tol Solo-Ngawi menjelang diresmikan

Tol Kartasura-Sragen yang menjadi salah satu segmen dari Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi segera diresmikan dalam waktu dekat. Jalan tol ini sebelumnya juga telah dibuka tanpa tarif pada saat musim Lebaran 2018.

Hal itu merupakan salah satu upaya yang dilakukan PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) untuk mengenalkan segmen tersebut kepada masyarakat.

Menurut Direktur Utama PT JSN David Wijayatno, segmen tol sepanjang 35,22 kilometer ini telah mengantongi surat keputusan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  Basuki Hadimuljono tentang teknis, administratif, dan sistem operasi.

Baca berita lengkapnya di sini: Segera Diresmikan, Begini Kondisi Tol Solo-Ngawi

2. Berbiaya Rp 43,05 miliar, "Flyover" Manahan berteknologi CMP

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII, Ditjen Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mengerjakan pembangunan Flyover (FO) Manahan di Kota Solo, Jawa Tengah.

Pengerjaannya dilakukan bekerja sama dengan Pusat Penelitian Jalan dan Jembatan Balitbang PUPR.

Pembangunan Flyover Manahan di Kota Solo, Jawa Tengah.Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Pembangunan Flyover Manahan di Kota Solo, Jawa Tengah.

 

Teknologi yang diterapkan pada pembangunan flyover itu merupakan pengembangan teknologi timbunan ringan mortar busa dengan struktur baja bergelombang, atau dikenal dengan corrugated mortarbusa pusjatan (CMP).

Sebelumnya, Kementerian PUPR telah menggunakan teknologi tersebut saat membangun FO Antapani di Kota Bandung, Jawa Barat, yang diresmikan pada tahun 2017. 

Baca berita lengkapnya di sini: Berteknologi CMP, Flyover Manahan Telan Rp 43,05 Miliar

3. Pada 22 September, ada "pemilu" yang tak kalah seru

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com