Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/06/2018, 23:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tol fungsional jaringan Trans Jawa akan mulai dibuka selama tiga hari mulai Senin (18/6/2018) pukul 06.00 WIB hingga Rabu (20/6/2018).

Seperti pada saat arus mudik sebelumnya, ruas tol fungsional dibuka 1 jalur 2 lajur, atau hanya satu arah, yaitu menuju Jakarta.

Dari data arus mudik tahun 2017 yang tercatat di gerbang tol (GT) Cikarang Utama, jumlah kendaraan menuju arah Jakarta pada puncak arus balik diperkirakan sebanyak 100.000-120.000 unit.

Demikian pemberitahuan tertulis dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang diterima Kompas.com, Minggu (17/6/2018) malam. 

Rest area di ruas tol fungsional Pejagan-Pemalang-Batang.Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Rest area di ruas tol fungsional Pejagan-Pemalang-Batang.
Selain itu, demi mengantisipasi kepadatan di rest area atau tempat istirahat (TI) Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang dituding Ketua Komisi V DPR Fary Djemi Francis sebagai biang kemacetan saat mudik, Kementerian PUPR menambah fasilitas serupa di tol fungsional.

Baca juga: Komisi V DPR: Macet Mudik 2018 Sama Seperti Tahun Sebelumnya

Rest area tersebut berupa TI, Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP), dan tempat istirahat sementara (TIS) yang ditempatkan di ruas tol fungsional Batang-Pemalang-Pejagan.

Dari 6 TI/TIP/TIS eksisting, akan ditambah 5 TIS. Dengan demikian di ruas tol fungsional Pejagan-Pemalang-Batang sepanjang 75 kilometer terdapat 11 TI/TIS.

Ke-11 TI/TIS tersebut, di ruas Batang-Pemalang terdapat TIS Km 321 dan TIS Km 344, Pemalang-Pejagan di TI KM 252A, TI Km 275A dan TI KM 282B dan Brebes Timur-Kanci tersedia TIP KM 229B.

Juga akan disediakan parking bay (PB) di KM 287. Fasilitas yang melengkapinya antara lain parkir, toilet, air bersih, area kuliner, mushola dan SPBU portabel.

Saksikan video reportase perjalanan mudik Tim Merapah Trans Jawa berikut ini:

Kompas Video Tim Merapah Trans-Jawa 3 Kompas.com menelusur hingga ruas terakhir Tol Trans-Jawa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com