Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Lewat Tol Becakayu Pas Lebaran Pasti Sepi"

Kompas.com - 31/05/2018, 22:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat yang melintasi Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) diperkirakan akan jauh lebih sepi pada musim mudik Lebaran nanti, dibandingkan dengan hari biasa.

Tak heran bila PT Waskita Toll Road selaku pemegang konsesi jalan tol tersebut, memberikan diskon tarif tinggi dibandingkan badan usaha jalan tol (BUJT) lainnya. Diskon yang diberikan hingga mencapai 28 persen dari tarif normal.

Baca juga: Resmi, Diskon Tarif Tol Berlaku Saat Mudik dan Balik Lebaran 2018

"Lewat Tol Becakayu itu di Jabodetabek. Jabodetabek pas Lebaran pasti sepi, jadi sudah kita hitung, selisihnya dengan harga waktu Jakarta ke luar kota, relatif tidak signifikan," kata Dirut Waskita Toll Road Herwidiakto di Jakarta, Kamis (31/5/2018).

Tak hanya diskonnya yang besar, Herwidiakto menambahkan, dari sisi waktu juga lebih lama dibandingkan dari BUJT lain, yaitu dari 8 hingga 23 Juni.

Sementara, BUJT lain rata-rata hanya memberikan diskon selama 2-4 hari dengan besaran tak lebih dari 10 persen.

Meski demikian, ia mengatakan, diskon tarif yang diberikan tidak akan memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap pemasukan Waskita Toll Road.

"(Dampaknya) kecil, hanya sekitar enggak sampai 5 persen, dari saat kita enggak diskonkan. Karena ruas (yang beroperasi) juga belum penuh, jadi agak gede dan agak panjang," tutur Herwidiakto.

Untuk diketahui, Jalan Tol Becakayu yang kini telah beroperasi yaitu Seksi IBC yang menghubungkan Cipinang-Jakasampurna sepanjang 8,26 kilometer.

Seksi tersebut telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada November tahun lalu dengan tarif Rp 14.000. Dengan diberlakukannya diskon ini, maka tarif yang berlaku nantinya menjadi Rp 10.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com