Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran, Semarang-Solo Tak Perlu Keluar Tol

Kompas.com - 28/05/2018, 11:55 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Pekerjaan konstruksi di Seksi 4 dan 5 Tol Semarang-Solo, Jawa Tengah, akan berhenti pada 2 Juni mendatang. Hal ini dilakukan untuk menyiapkan ruas tersebut dalam menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2018.

Nantinya, sebagian besar dari ruas sepanjang 32,54 kilometer yang menghubungkan Salatiga-Kartasura itu akan dilapisi beton rigid pavement. Namun, hanya sekitar 10 kilometer yang akan memiliki lapisan lean  concrete (LC) dengan kualitas K-250.

"Hal itu sudah layak untuk dilewati saat arus mudik," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau lokasi, Sabtu (26/5/2018).

Kondisi terkini Tol Salatiga-Kartasura, Sabtu (26/5/2018).Kompas.com / Dani Prabowo Kondisi terkini Tol Salatiga-Kartasura, Sabtu (26/5/2018).
Penghentian konstruksi dilakukan lebih awal untuk menyiapkan fasilitas pendukung mudik. Sebab, menurut rencana, kedua seksi tersebut akan dibuka fungsional pada H-10 Lebaran.

Fasilitas tersebut mulai dari marka jalan, rambu petunjuk, penerangan, hingga tempat istirahat sementara. Rencananya, ada dua tempat istirahat sementara yang akan dibangun, yaitu di Sta 46+700 dan Sta 60+900.

Area untuk beristirahat itu akan dilengkapi dengan mushala, tempat istirahat, toilet, posko kesehatan dan ambulans, mekanik darurat, hingga tempat parkir.

"Itu kita siapkan dari tanggal 2-8 Juni. Kita siapkan semua," kata dia.

Kondisi terkini Tol Salatiga-Kartasura, Sabtu (26/5/2018).Kompas.com / Dani Prabowo Kondisi terkini Tol Salatiga-Kartasura, Sabtu (26/5/2018).
Salah satu titik krusial dalam pekerjaan konstruksi di seksi ini adalah Jembatan Kali Kenteng. Basuki mengatakan bahwa jembatan ini belum bisa dilalui pemudik saat Lebaran nanti.

Hal itu disebabkan masih dilakukannya pekerjaan konstruksi pembangunan tiang pancang pada proyek tersebut.

Meski demikian, jalur alternatif telah disiapkan tepat di bawah jembatan untuk memudahkan pergerakan arus kendaraan.

Pekerjaan konstruksi Jembatan Kenteng di Tol Salatiga-Kartasura, Sabtu (26/5/2018).Kompas.com / Dani Prabowo Pekerjaan konstruksi Jembatan Kenteng di Tol Salatiga-Kartasura, Sabtu (26/5/2018).
Jalur alternatif itu akan didukung dengan lapisan beton rigid pavement saat dibuka fungsional nantinya.

"Dari Semarang sampai ke Solo sudah tidak keluar tol, bisa tidak keluar tol. Jalan nasional juga kita fungsikan dengan baik. Ini juga kita fungsikan," kata dia.

Tiga seksi pertama dari Tol Semarang-Solo, yakni Semarang-Salatiga, telah beroperasi sepanjang 40,4 kilometer. Lantaran jalan ini dibuka fungsional, pengguna jalan yang melintasi seksi ini tidak perlu membayar apa pun alias gratis. 

Adapun tarif yang harus dikeluarkan yakni Rp 32.000 dari Semarang hingga Salatiga. Sementara, bila berangkat dari Jakarta, tarif yang harus dikeluarkan sebesar Rp 210.000. Dengan catatan, perjalanan dimulai dari Tol Jakarta-Cikampek. 

Kondisi terkini Tol Salatiga-Kartasura, Sabtu (26/5/2018). Ini adalah jalur menuju akses darurat Jembatan Kenteng.Kompas.com / Dani Prabowo Kondisi terkini Tol Salatiga-Kartasura, Sabtu (26/5/2018). Ini adalah jalur menuju akses darurat Jembatan Kenteng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com