Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bernilai Rp 497 Miliar, Pelindo Place Dilengkapi Sejumlah Fasilitas

Kompas.com - 19/05/2018, 17:00 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Operator terminal pelabuhan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), saat ini sedang membangun gedung Pelindo Place di Jalan Perak Timur, Surabaya.

Pembangunan yang dimulai pada April 2018 ini sebagai bukti keseriusan perusahaan itu mengepakkan sayak di sektor properti Tanah Air.

Baca juga: Lirik Properti, Pelindo III Bangun ?Eco Green and Smart Building?

VP Corporate Communication PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Lia Indi Agustiana menuturkan, gedung Pelindo Place dibangun di atas lahan seluas 11.124 meter persegi dengan luas bangunan 63.365 meter persegi.

Gross development value (GDV) untuk mendirikan gedung tersebut senilai Rp 497 miliar, dengan sumber pembiayaannya dari internal Pelindo III.

“Rencananya terdiri dari 23 lantai plus satu basement dan satu mezzanine,” ucap Lia kepada Kompas.com, Sabtu (19/5/2018).

Lia menambahkan, Pelindo Place dilengkapi sejumlah fasilitas. Di antaranya, area parkir yang bisa menampung 344 mobil dan 1.004 sepeda motor.

Ada pula foodcourt, banking hall, gymnasium, masjid, serta ballroom yang berkapasitas lebih kurang 500 orang.

Untuk penggunaannya, gedung itu akan dugunakan oleh Pelindo dengan komposisi 40 persen, mulai dari lantai 14 sampai lantai 23.

Sementara sebagian besar lainnya yakni 60 persen akan disewakan kepada pelaku usaha, mulai dari lantai 5 hingga lantai 13. Di setiap lantai, luas areanya berkisar 1.800 meter persegi.

Desain gedung Pelindo Place yang berlokasi di Jalan Perak Timur, Surabaya. Gedung itu dibangun oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero).Dokumentasi PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Desain gedung Pelindo Place yang berlokasi di Jalan Perak Timur, Surabaya. Gedung itu dibangun oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero).
Lia mengungkapkan, sejauh ini pihaknya telah menjalin komitmen dengan sejumlah calon penyewa.

“Yang mau menyewa antara lain dari perbankan, perusahaan asuransi, ekspedisi, perusahaan pelayaran, hingga pelaku usaha kuliner berupa restoran atau kafe,” sebut dia.

Konsep Pelindo Place adalah eco green and smart building. Strukturnya nanti dilapisi kaca ganda atau double glass yang berfungsi untuk mengurangi panasnya cahaya matahari dari luar gedung.

Kemudian, di bagian luar gedung parkir dimaksimalkan untuk menambah area hijau dengan membuat taman vertikal dan menjadikan penanda baru di sekitar area pelabuhan.

Sementara, resapan air hujan akan dimanfaatkan untuk menyiram tanaman dan membilas toilet.

“Untuk aksesibilitas ruangan bisa dilakukan melalui smartphone. Desain lansekapnya juga efektif dan menggunakan tanaman lokal,” ucap Lia.

Pihaknya juga menggunakan tenaga surya yang diterapkan melalui panel surya di tiang penerangan jalan umum (PJU) di sekitar area gedung.

Jika berjalan sesuai rencana, gedung yang pembangunannya dikerjakan PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (Wika Gedung) ini akan selesai pada akhir 2019 dan beroperasi pada awal 2020.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com