Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pegang Peranan Vital, Jasa Marga Siap Hadapi Mudik Lebaran

Kompas.com - 07/05/2018, 12:55 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memulai kick off pelaksanaan persiapan arus mudik dan arus balik Lebaran 2018.

Langkah antisipasi dilakukan guna memastikan kelancaran arus lalu lintas kendaraan yang melintasi ruas-ruas tol yang dimiliki Jasa Marga.

Baca juga : Siap-siap, Pemudik Bisa Lewat Tol Batang-Semarang H-10 Lebaran

"Sebagaimana kita ketahui, kegiatan mudik balik lebaran ini adalah kegiatan nasional. Hampir sebagian besar masyarakat mengikuti kegiatan ini, dan Jasa Marga memegang peranan vital," kata Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani saat memimpin apel siaga operasional lebaran di Kantor Jasa Marga, Senin (7/5/2018).

Dari sisi infrastruktur tol, ia mengatakan, sudah ada peningkatan yang cukup signifikan bila dibandingkan tahun lalu.

Beberapa ruas yang sebelumnya masih dibuka fungsional saat musim mudik, kini sudah dioperasikan.

Misalnya, Tol Semarang-Solo ruas Semarang-Salatiga, Tol Ngawi-Kertosono ruas Ngawi-Wilangan, Tol Mojokerto-Surabaya dan sebagian ruas Tol Gempol-Pasuruan.

Selain itu, ada pula ruas tol yang akan dibuka secara fungsional dan juga darurat pada tahun ini. Misalnya, ruas Tol Batang-Semarang sepanjang 75 kilometer dan Tol Solo-Ngawi sepanjang 90 kilometer untuk yang dibuka fungsional.

"Kami juga memiliki ruas tol yang fungsionalnya cenderung darurat, yaitu ruas Jalan Tol Salatiga-Kartasura, kemudian ruas tol yang dibangun pemerintah yaitu Wilangan-Kertosono," tutur Desi.

Desi memastikan Jasa Marga bekerja maksimal untuk kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2018. Baik itu pada ruas tol yang telah dibuka secara operasional, maupun yang masih fungsional dan darurat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com