Kompas.com - 05/05/2018, 09:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Batang-Semarang akan dibuka fungsional pada mudik Lebaran tahun ini. Proyek sepanjang 75 kilometer itu bisa digunakan sejak H-10 lebaran.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani mengatakan, jalur yang akan dibuka fungsional itu mulai dari ruas Batang hingga Krapyak. Fungsionalisasi jalur tersebut berlaku hingga H+10 lebaran.

Baca juga : Pembebasan Lahan Tol Batang-Semarang Mendekati 100 Persen

"Pada lebaran tahun ini, kami membuka proyek Jalan Tol Batang-Semarang dari Ruas Batang hingga Simpang Susun Krapyak sebagai jalur fungsional. Jika tahun lalu proyek-proyek jalan tol tersebut dibuka secara darurat, kali ini fungsional," kata Desi saat menyambangi Simpang Susun Krapyak, Jumat (4/5/2018).

Desi menambahkan, ada satu jalur dengan dua lajur yang dibuka bagi pemudik.

Untuk menunjang kenyamanan dan keamanan, Jasa Marga memastikan kesiapan sarana dan fasilitas penunjang yang dibutuhkan. Seperti kesiapan perkerasan beton hingga tempat istirahat atau rest area.

Setidaknya, ada empat rest area dan empat parking bay di sepanjang jalur fungsional itu yang telah disiapkan PT Jasamarga Batang Semarang, anak usaha Jasa Marga yang mengelola ruas tol tersebut.

Jalan Tol Batang-Semarang yang dibagi menjadi 5 seksi diproyeksikan rampung pada akhir tahun 2018. Hingga awal Mei 2018, progres konstruksi telah mencapai 78 persen.

Sementara dari sisi pembebasan lahan, PT JSB telah membebaskan 98,17 persen dari seluruh kebutuhan lahan proyek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.