Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Pemudik Bisa Lewat Tol Batang-Semarang H-10 Lebaran

Kompas.com - 05/05/2018, 09:30 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Batang-Semarang akan dibuka fungsional pada mudik Lebaran tahun ini. Proyek sepanjang 75 kilometer itu bisa digunakan sejak H-10 lebaran.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani mengatakan, jalur yang akan dibuka fungsional itu mulai dari ruas Batang hingga Krapyak. Fungsionalisasi jalur tersebut berlaku hingga H+10 lebaran.

Baca juga : Pembebasan Lahan Tol Batang-Semarang Mendekati 100 Persen

"Pada lebaran tahun ini, kami membuka proyek Jalan Tol Batang-Semarang dari Ruas Batang hingga Simpang Susun Krapyak sebagai jalur fungsional. Jika tahun lalu proyek-proyek jalan tol tersebut dibuka secara darurat, kali ini fungsional," kata Desi saat menyambangi Simpang Susun Krapyak, Jumat (4/5/2018).

Desi menambahkan, ada satu jalur dengan dua lajur yang dibuka bagi pemudik.

Untuk menunjang kenyamanan dan keamanan, Jasa Marga memastikan kesiapan sarana dan fasilitas penunjang yang dibutuhkan. Seperti kesiapan perkerasan beton hingga tempat istirahat atau rest area.

Setidaknya, ada empat rest area dan empat parking bay di sepanjang jalur fungsional itu yang telah disiapkan PT Jasamarga Batang Semarang, anak usaha Jasa Marga yang mengelola ruas tol tersebut.

Jalan Tol Batang-Semarang yang dibagi menjadi 5 seksi diproyeksikan rampung pada akhir tahun 2018. Hingga awal Mei 2018, progres konstruksi telah mencapai 78 persen.

Sementara dari sisi pembebasan lahan, PT JSB telah membebaskan 98,17 persen dari seluruh kebutuhan lahan proyek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com