Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lewat Jalur Pansela, Banyak Obyek Wisata Cantik Menggoda

Kompas.com - 06/05/2018, 22:39 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Jalur pantai selatan (pansela) Jawa yang dirancang sepanjang 1.405 kilometer merupakan salah satu jalur yang dipromosikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Jalur yang terbentang menyusuri garis tepi pantai selatan mulai dari Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga Jawa Timur itu bisa menjadi alternatif bagai para pemudik menjelang Lebaran 2018.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, jalur pansela dari Banten sampai Yogyakarta kondisinya sudah bagus. Namun, ada beberapa ruas di Kebumen yang belum dilebarkan dan akan dikerjakan tahun ini.

“Selanjutnya dari Yogyakarta hingga Ponorogo, beberapa waktu lalu saya lewati, jalannya sudah cukup lebar,” kata Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/5/2018) di Jakarta.

Dia menuturkan, promosi terhadap jalur pansela ini terus dilakukan antara lain karena banyak terdapat obyek wisata di sana.

Para pemudik bisa menikmati pemandangan hamparan sawah, pegunungan, dan pantai. Selain itu, cocok juga menjadi lokasi foto yang menarik.

“Kami promosikan supaya orang tertarik lewat selatan. Karena tidak hanya jalannya yang bagus, tetapi juga obyek wisatanya. Namun, untuk pansela mulai Trenggalek-Tulung Agung-Malang hingga Banyuwangi sebagian belum tersambung,” ucap Basuki.

Dia menambahkan, kondisi jalan yang sudah baik saat ini akan terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Sementara di jalur pansela Jawa, jalan yang kondisinya belum bagus terus dilakukan pengerjaan untuk meningkatkan kecepatan, keamanan, dan kenyamanan para pengguna jalan.

Jalur pantai selatan (pansela) Jawa sepanjang 1.405 kilometer memiliki banyak obyek wisata menarik yang bisa dikunjungi.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Jalur pantai selatan (pansela) Jawa sepanjang 1.405 kilometer memiliki banyak obyek wisata menarik yang bisa dikunjungi.

Lokasi foto menarik di jalur pansela

Secara rinci, obyek wisata di sepanjang jalur pansela Jawa Tengah dan Yogyakarta kebanyakan berupa pantai.

Ada sekitar 36 pantai, misalnya Pantai Congot, Pantai Pandansimo, Pantai Glagah, Pantai Parangtritis, dan Pantai Soge.

Kemudian, di jalur Congot-Bugel sepanjang 19,35 km, bisa ditemui lokasi yang menjadi favorit banyak pengunjung, yakni Pantai Congot.

Pantai ini memiliki hutan mangrove yang sudah ditata apik sehingga menarik untuk disambangi.

Di samping itu, ada pula Pantai dan Laguna Glagah di Kulon Progo yang saat ini cukup terkenal dan foto-fotonya banyak diunggah di media sosial.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com