Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga: Konstruksi Tol Manado-Bitung yang Ambruk Porsi Pemerintah

Kompas.com - 17/04/2018, 21:30 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk angkat bicara soal insiden ambruknya salah satu bagian dari proyek Tol Manado-Bitung pada Selasa (17/4/2018) sore.

Seperti diketahui, pemegang konsesi proyek sepanjang 39 kilometer itu adalah PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) yang merupakan anak usaha Jasa Marga.

Namun, pekerjaan proyek tersebut dibagi ke dalam dua bagian.

Corporate Secretary PT Jasa Marga (Persero) Tbk Agus Setiawan menjelaskan, untuk titik KM 0 hingga KM 14 pekerjaan konstruksinya merupakan porsi pemerintah.

Baca juga : Konstruksi Relatif Sederhana, Tol Manado-Bitung Ambruk

Sementara, untuk KM 14 hingga KM 39 pekerjaannya dilakukan oleh PT JMB.

"Sesuai informasi dari lapangan, tempat kejadian perkara (TKP) ada di KM 13+200, merupakan bagian yang dibangun oleh pemerintah, yang dilaksanakan oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional setempat," kata Agus dalam keterangan tertulis, Selasa malam.

Agus mengaku tak bisa memberikan keterangan lebih lanjut terkait insiden yang mengakibatkan tiga orang pekerja tertimbun saat peristiwa terjadi.

Mengutip Tribun Manado, peristiwa itu terjadi pada pukul 14.30 Wita. Berdasarkan data Badan Sar Nasional (Basarnas) Manado, identitas ketiga korban diketahui yakni Sugeng asal Blitar, Dadi asal Bandung, dan Muktar asal Blitar.

Baca juga : Proyek Tol Manado-Bitung Tiba-tiba Ambruk, 3 Pekerja Tertimbun

"Saat ini yang sudah berhasil dievakuasi yakni Muktar asal Blitar. Saat ini sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Lembean dengan kondisi selamat," ujar Kepala Kantor SAR Manado Muhammad Arifin, Selasa.

Saat berita diturunkan, tim masih melakukan pencarian terhadap dua orang lainnya.

Sebelum kejadian, korban sedang bekerja di proyek jalan tol. Cuaca saat itu tengah mendung.

Tim Rescue Basarnas langsung melakukan tindakan evakuasi korban dengan menggunakan alat ekstrikasi berupa dua unit truk personel, satu unit rescue car, dan satu unit rescue truck.

Adapun tim yang turun di antaranya Basarnas, Polres Minut, dan masyarakat setempat. Lokasi korban sempit yakni di dalam gorong-gorong.

"Kami akan mencari sampai dua korban ditemukan," ujar Arifin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com