Konstruksi Relatif Sederhana, Tol Manado-Bitung Ambruk - Kompas.com

Konstruksi Relatif Sederhana, Tol Manado-Bitung Ambruk

Kompas.com - 17/04/2018, 20:30 WIB
Bangunan proyek Jalan Tol Manado-Bitung di Desa Tumaluntung, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, ambruk pada Selasa (17/4/2018) pukul 14.30 Wita.dok. YouTube/Tribunnews Bangunan proyek Jalan Tol Manado-Bitung di Desa Tumaluntung, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, ambruk pada Selasa (17/4/2018) pukul 14.30 Wita.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan kerja kembali terjadi pada proyek infrastruktur yang tengah berlangsung.

Kali ini, proyek tersebut adalah Jalan Tol Manado-Bitung di Desa Tumaluntung, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara yang ambruk pada Selasa (17/4/2018).

Baca juga : Proyek Tol Manado-Bitung Tiba-tiba Ambruk, 3 Pekerja Tertimbun

Atas kejadian tersebut, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) langsung memberi penugasan pada Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XV dan kontraktor terkait.

"Kami menugaskan untuk menangani korban dan melakukan evaluasi kenapa kecelakaan konstruksi ini bisa terjadi. Konstruksi ini relatif sederhana," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto kepada Kompas.com.

Menurut dia, kecelakaan ini terjadi karena ada struktur overpass box yang runtuh pada saat pelaksanaan konstruksi.

Adapun akibat insiden ini, sebanyak 3 pekerja dilaporkan tertimbun material. Data Basarnas Manado menunjukkan, ketiga korban adalah Sugeng asal Blitar, Dadi asal Bandung, dan Muktar asal Blitar.

Sebelum kejadian, korban sedang bekerja di proyek jalan tol. Cuaca saat itu tengah mendung.

Tim Rescue Basarnas langsung melakukan tindakan evakuasi korban dengan menggunakan alat ekstrikasi berupa dua unit truk personel, satu unit rescue car, dan satu unit rescue truck.



Close Ads X