Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Jasa Marga Kebut Penyelesaian 6 Ruas Tol

Kompas.com - 10/04/2018, 18:00 WIB
Arimbi Ramadhiani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengelola jalan tol PT Jasa Marga (Persero) Tbk menargetkan penyelesaian 6 ruas tol termasuk Trans Jawa tahun 2018 ini.

Upaya Jasa Marga mempercepat pengoperasian jalan tol tersebut tidak lain untuk menambah pendapatan perseroan.

Baca juga : Jasa Marga Bukukan Aset Rp 79,19 Triliun

"Tahun ini, Jasa Marga akan selesaikan seluruh ruas Trans Jawa. Yang dimiliki Jasa Marga ada Batang-Semarang, Solo-Ngawi, Semarang-Solo, dan sisa Ngawi-Kertosono yang dibiayai APBN pemerintah," ujar Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Aryani usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan 2018, Selasa (10/4/2018).

Ruas Batang-Semarang dikelola anak usaha Jasa Marga PT Jasamarga Batang Semarang. Dari total panjang 75 kilometer, lahan sudah dibebaskan 98,17 persen dan konstruksi 74,01 persen.

Tol Batang-SemarangJasa Marga Tol Batang-Semarang
Sementara ruas Solo-Ngawi dikerjakan oleh PT Jasamarga Solo Ngawi sepanjang 90,4 kilometer. Dari total panjang tersebut, lahan yang sudah dibebaskan 96,79 persen dan konstruksi 87,42 persen.

Baca juga : Tak Perlu Merasakan Macet, Pemudik Sudah Bisa Lewat Tol Solo-Ngawi

Kemudian Semarang-Solo dibangun melalui PT Trans Marga Jateng dengan panjang 72,6 kilometer. Lahan yang sudah bebas sebesar 99 persen dan konstruksi 60,95 persen khusus Ruas Salatiga-Kertusuro.

Sedangkan Solo-Ngawi sepanjang 90,4 kilometer dikerjakan oleh PT Jasamarga Solo-Ngawi. Saat ini lahan yang telah dibebaskan 96,79 persen dan konstruksi 87,42 persen.

"Seluruh ruas Trans Jawa tahun ini akan tersambung," imbuh Desi.

Hari pertama fungsionalisasi ruas Rembang-Bangil yang merupakan bagian dari Jalan Tol Gempol-Pasuruan sepanjang 8 kilometer di Surabaya, Jawa Timur, Senin (19/6/2017). Sepekan jelang Lebaran 2017 Tak banyak kendaraan yang melintas, dan masih terlihat sepi.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Hari pertama fungsionalisasi ruas Rembang-Bangil yang merupakan bagian dari Jalan Tol Gempol-Pasuruan sepanjang 8 kilometer di Surabaya, Jawa Timur, Senin (19/6/2017). Sepekan jelang Lebaran 2017 Tak banyak kendaraan yang melintas, dan masih terlihat sepi.
Selain Trans Jawa, jaringan jalan yang juga dikebut penyelesaiannya oleh Jasa Marga adalah Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.

Tahun lalu, ruas tersebut telah beroperasi Seksi 3, 4, 5, dan 6. Tahun ini, bagian yang beroperasi adalah Seksi 1 dan 2.

Selanjutnya, ruas Gempol-Pasuruan juga akan beroperasi Seksi 2 setelah ruas yang sudah beroperasi Seksi 1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com