Tak Perlu Merasakan Macet, Pemudik Sudah Bisa Lewat Tol Solo-Ngawi

Kompas.com - 08/03/2018, 08:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Solo-Ngawi akan dibuka pada musim lebaran 2018. Sebagian dari ruas tol tersebut akan dibuka fungsional, namun sebagian lainnya akan beroperasi penuh.

Jalan tol yang memiliki panjang 90,25 kilometer ini dibangun dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Adapun yang menjadi porsi pemerintah yaitu pembangunan konstruksi Seksi I dan II dari Kartasura hingga Karanganyar sepanjang 20,9 kilometer.

Untuk pekerjaan kedua seksi tersebut telah rampung 100 persen.

"Kami optimis arus mudik tahun ini bisa lebih baik dari tahun lalu," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Rabu (7/3/2018).

Sementara konstruksi Seksi III dan IV dari Karanganyar hingga Ngawi sepanjang 69,35 digarap dengan investasi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Solo Ngawi Jaya (SNJ). Saat ini, pekerjaan konstruksi untuk kedua ruas tersebut sudah mencapai 85 persen.

Pemerintah pun menargetkan ruas Kartasura-Sragen bisa beroperasi sepenuhnya pada April 2018. Sementara ruas Sragen hingga Simpang Susun Ngawi dapat dilalui secara fungsional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.