Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Parkir Liar Juga Marak di Singapura

Kompas.com - 08/03/2018, 09:49 WIB
Haris Prahara,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


SINGAPURA, KOMPAS.com – Parkir liar rupanya juga marak di Singapura. Bukan mobil atau motor yang gemar parkir sembarangan di sana, melainkan sepeda!

Kondisi itu menimbulkan masalah baru di Singapura. Pemerintah jiran Indonesia tersebut segera mengeluarkan regulasi untuk mengatasinya.

Melansir The Straits Times, Kamis (8/3/2018), semrawutnya deretan sepeda itu tidak lepas dari masifnya jumlah armada milik operator rental sepeda, seperti Obike, Ofo, Mobike, dan lain-lain.

Saat ini ada sedikitnya 100.000 sepeda rental milik enam operator di Singapura. Namun, diperkirakan hanya setengahnya yang aktif digunakan.

Berkaca pada hal tersebut, pemerintah Negeri Merlion bersiap memverifikasi aset para operator sepeda.

Nantinya, operator mesti mempublikasikan lokasi semua sepeda mereka. Jumlah armada pun akan ditinjau setiap enam bulan sekali.

Deretan sepeda terparkir semrawut di dekat stasiun MRT Yishun, Singapura.STRAITS TIMES/ KELVIN CHNG Deretan sepeda terparkir semrawut di dekat stasiun MRT Yishun, Singapura.
Selain itu, pemerintah akan menilai seberapa baik mereka mengelola masalah parkir illegal dan seberapa sering armada mereka dipakai masyarakat.

Otoritas Transportasi Darat Singapura (LTA) mengatakan, parkir sepeda mesti diatur karena telah menimbulkan kesemrawutan sosial yang signifikan.

“Saat ini kami berupaya meningkatkan infrastruktur parkir dan mendorong operator sepeda untuk beroperasi secara bertanggung jawab,” ujar LTA.

Ke depan, operator mesti menyiapkan sanksi pembekuan bagi pengguna yang berulang kali parkir sembarangan.

Adapun operator sepeda yang gagal mematuhi standar bakal menghadapi sanksi seperti denda, pengurangan jumlah armada, pembekuan sementara, hingga pencabutan izin operasional.

Sepeda diparkir sembarangan di SingapuraSTRAITS TIMES/ARIFFIN JAMAR Sepeda diparkir sembarangan di Singapura
Sebagai informasi, perusahaan rental sepeda mulai beroperasi sejak awal tahun lalu. Sepeda-sepeda itu bisa dioperasikan dari dan ke mana saja karena tertanam sistem pelacak (GPS) di setiap unitnya. 

Baca juga: Cari Parkir di Singapura Bakal Semakin Susah, Ini Sebabnya..

Seiring terus membengkaknya jumlah sepeda, pemerintah Singapura menciptakan lebih banyak tempat parkir di stasiun MRT, halte bus, taman, dan perumahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com