Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkolaborasi dengan Singapura, Duterte Bangun Kota Cerdas

Kompas.com - 26/02/2018, 16:39 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Tak hanya Indonesia, inisiasi pengembangan kota cerdas juga tengah digalakkan oleh Filipina.

Terbaru mereka menandatangani sebuah nota kerja sama untuk membantu mewujudkan sebuah pusat komunitas raksasa yang "cerdas, hijau, dan tahan bencana", dengan Surbana Jurong.

Baca juga : Bangun Kota Cerdas Harus Pertimbangkan Potensi Bencana

Melalui Badan Konversi dan Pengembangan Dasar (BCDA), Filipina menggandeng perusahaan konsultan perkotaan, industri dan infrastruktur yang berbasis di Singapura itu dan Japan Investment Infrastructure Investment Corporation untuk Transportasi dan Pembangunan Perkotaan (JOIN) guna mengembangkan New Clark City.

Kota ini dikembangkan dalam 30 atau 40 tahun, dengan luas area sekitar 9,45 hektar. CEO BCDA Arnel Casanova mengklaim, New Clark City bakal lebih besar ketimbang Manhattan di New York, Amerika Serikat, sana.

Arnel menjelaskan, tahap pertama proyek tersebut, yang berada di antara kota Capas dan Bamban, provinsi Tarlac, akan selesai pada tahun 2022.

Baca juga : Arsitek Dunia Nilai Bandung Leader Kota Cerdas Indonesia

Melansir laman Surbana Jurong, New Clark City dipromosikan sebagai sebuah jantung masa depan dari pembangunan infrastruktur yang diprakarsai oleh Presiden Rodrigo Duterte senilai Rp 2.212 triliun.

"New Clark City memiliki potensi yang luar biasa, dan kami berkomitmen untuk menjadi mitra jangka panjang dalam pertumbuhan kota," kata CEO Surbana Jurong Group Wong Heang Fine yang memimpin penandatanganan di Cebu.

Wong Heang berharap transformasi wilayah ini akan menghasilkan pertumbuhan yang berkelanjutan dan menciptakan lapangan kerja secara lokal, dan pada akhirnya membawa manfaat ekonomi dan sosial jangka panjang bagi Filipina.

"Kami juga berharap bisa bekerja sama dengan BCDA dan JOIN, serta investor internasional dan masyarakat lokal, menjadikan proyek ini sukses," kata Wong Heang.

Ketiga pihak diharapkan dapat memperbaiki rencana induk proyek dengan draft baru terkait kerangka manajemen pembangunan, pedoman standar desain, dan pedoman lingkungan.

Untuk diketahui, Surbana Jurong dimiliki oleh perusahaan investasi Temasek Holdings. Perusahaan ini juga akan membantu dalam memanfaatkan kemitraan publik-swasta untuk menarik investor ke New Clark City.

Kota pintar ini dirancang terintegrasi dengan infrastruktur Kereta Api Manila-Clark Railway sepanjang 106 kilometer yang akan menghubungkan Manila, dan kota-kota lainnya. Konektivitas ini dijadwalkan beres pada 2021 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com