Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Milenial, Jadikan Rumah sebagai Kebutuhan Primer

Kompas.com - 22/02/2018, 12:21 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan generasi baby boomers, generasi milenial cenderung menghabiskan tabungan mereka untuk kebutuhan sekunder.

Ketika generasi baby boomers menempatkan kebutuhan sandang, pangan, dan papan sebagai kebutuhan primer mereka, tidak demikian bagi kalangan milenial.

"Mereka selalu nongkrong, update status sabtu-minggu menikmati hidup. Pulangnya ke kos-kosaan yang mandi juga ngantri," kata Senior Vice President Consumer Loans Bank Mandiri Harry Gale di kantornya, Kamis (22/2/2018).

Menurut dia, generasi milenial semestinya perlu menjadikan rumah sebagai salah satu kebutuhan primer mereka. Pasalnya, kenaikan harga rumah setiap tahun tidak sebanding dengan kenaikan pendapatan yang diterima.

Untuk itu, ia menekankan, pentingnya menabung sejak dini agar bisa mencicil kebutuhan untuk membayar uang muka. Setelah itu, baru dipikirkan secara bertahap, hunian tipe apa bisa dibeli tanpa harus mencekik kantong mereka.

"(Kenaikan) harga rumah lebih cepat dari pendapatan kita. Niat benar-benar mendisiplinkan kita supaya diciclkan uang muka selanjutnya baru kita pikirkan ansurannya," tutur Harry.

Bank Mandiri sendiri, kata dia, saat ini tengah menyusun skema yang bisa membantu generasi ini untuk memiliki hunian. Skema tersebut nantinya akan menyesuaikan dengan pendapatan yang diterima mereka.

"First jobber (misalnya) cicilan Rp 1,5 juta. Selanjutnya semakin bisa membesar sesuai peningkatan penghasilan," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com