Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Bekasi, Masih Ada Rumah Murah Rp 141 Jutaan

Kompas.com - 11/02/2018, 20:00 WIB
Arimbi Ramadhiani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bekasi masih jadi salah satu lokasi favorit konsumen yang mencari rumah. Sejumlah keunggulan lokasi ini antara lain bisa diakses dengan Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Bagi komuter, Bekasi juga memiliki kemudahan akses dengan adanya jaringan kereta rel listrik yang saat ini sudah memanjang sampai Cikarang.

Baca juga : Rumah Tanpa DP Seharga Rp 77 Jutaan, Mau?

Kemudian, nilai tambah Bekasi diperkuat dengan adanya proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek dan kereta ringan atau LRT.

Di bawah ini, sederet perumahan yang harganya cukup terjangkau mulai dari subsidi hingga komersial yang dijual di bawah Rp 300 juta.

1. Taman Kasablanka Sriamur

Perumahan subsidi ini terletak di Tambun Utara, Bekasi. Untuk tipe 30/60, unitnya dijual seharga Rp 141,5 juta.

Dengan uang muka Rp 15 juta, asumsi angsuran kredit pemilikan rumah (KPR) adalah sebesar Rp 892 ribu selama 20 tahun.

Bagi konsumen yang ingin meningkatkan mutu akan dibebankan biaya tambahan sebesar Rp 10 juta.

Sementara itu, biaya lainnya yang perlu diperhitungkan juga adalah biaya pemesanan atau booking fee Rp 1,5 juta, proses KPR Rp 2,5 juta, pajak dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) Rp 3,5 juta, serta persetujuan administrasi Rp 500.000.

2. Griya Samara Cibitung

PT Restuti Pesona Cipta ini mengembangkan perumahan subsidi di Desa Muktiwari, Kecamatan Cibitung. Untuk tipe 25/60, harganya Rp 141 juta dengan uang muka Rp 2 juta.

Angsurannya diperkirakan Rp 930.000 selama 20 tahun, Rp 1 juta selama 18 tahun, dan Rp 1,12 juta selama 15 tahun dengan asumsi suku bunga 5 persen.

Adapun biaya tambahan lainnya meliputi biaya pemesanan Rp 1 juta, surat-surat Rp 5,1 juta, biaya proses Rp 1,2 juta, dan biaya untuk unit yang strategis menghadap jalan utama atau fasos sebesar Rp 2 juta.

3. Bumi Sakinah 2

Berlokasi di Jalan Tanggul Sungai Angke, Tarumajaya, Bekasi, PT Buana Media Nusantara mengembangkan Perumahan Bumi Sakinah 2.

Tipe yang dipasarkan adalah 25/60 dengan harga jual Rp 250 juta termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Konsumen bisa membeli rumah tersebut dengan uang muka 5 persen atau Rp 12,5 juta.

Meski demikian, ada biaya lain yang harus diperhitungkan, yaitu biaya pemesanan Rp 3 juta serta BPHTB dan biaya proses KPR yang belum diketahui besarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com