Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Rumah Murah Dekat Stasiun Kereta? Ini Pilihannya...

Kompas.com - 06/02/2018, 09:20 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Siapa bilang rumah murah bersubsidi selalu jauh dari fasilitas umum dan akses transportasi? Sejumlah pengembang rumah subsidi bahkan menjadikan akses transportasi publik sebagai bahan jualan mereka.

Seperti perumahan Daru Estates di Kabupaten Tangerang. Perumahan yang bisa ditebus dengan uang muka Rp 1 juta selama pameran Indonesia Property Expo 2018 ini berada tak jauh dari Stasiun Daru.

"Kurang lebih 100 meter dari Stasiun Kereta Daru," kata sales marketing Daru Estates, Asme, kepada Kompas.com, Sabtu (3/2/2018) lalu.

Untuk fasilitas, ia menyebut, tak jauh dari lokasi perumahan ada pasar, sekolah dasar dan sekolah menengah atas, toko ritel modern, hingga puskesmas.

Meski dibanderol seharga Rp 148,5 juta untuk tipe 23/60, rumah tersebut memiliki halaman depan sepanjang 5 meter yang artinya bisa dimanfaatkan untuk kendaraan roda empat.

Demikian pula perumahan Parung Panjang Village di Bogor. Perumahan yang dikembangkan Era Group ini dibanderol Rp 146,5 juta, baik itu untuk tipe 24/60 maupun 30/60.

Bedanya, untuk tipe 24/60 harga sudah termasuk biaya sertifikat hak guna bangunan (HGB), izin mendirikan bangunan (IMB), penyambungan listrik, akta jual beli notaris, biaya proses KPR, dan administrasi.

Sementara untuk tipe 30/60, harga hanya termasukk biaya SHGB, IMB, dan biaya penyambungan listrik.

Untuk akses transportasi, lokasi perumahan ini berada sekitar 5 menit dari Stasiun KRL Parung Panjang, 25 menit dari Tol BSD/JORR, dan 10 menit dari rencana Tol Serpong-Balaraja.

Sementara itu, perumahan Argo Subur yang berada di Tangerang mengandalkan akses transportasi kereta rel listrik sebagai salah satu moda transportasi utama.

"Dari Stasiun Tigaraksa cuma 10 menit," kata sales marketing, Yuni.

Ia menambahkan, lokasi perumahan juga tidak jauh dari Pasar Cisoka dan Sekolah Menengah Kejuruan IX. Di samping itu, bagi yang memiliki mobil, akses perumahan hanya 25 menit ke Gerbang Tol Balaraja.

Cicilan Murah

Tak hanya mudah dari sisi aspek transportasi, cicilan per bulan yang dipatok pun cukup terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan Rp 4 jutaan.

Pengembang Argo Subur, PT Argosubur Sentosa, misalnya, mematok cicilan Rp 943.400 per bulan untuk tenor 20 tahun bagi rumah tipe 30/60 standar ataupun boulevard.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com