Hindari Empat Hal yang Bikin Rumah Berantakan - Kompas.com

Hindari Empat Hal yang Bikin Rumah Berantakan

Kompas.com - 03/02/2018, 07:00 WIB
Ilustrasi ruang tamu. Ruang tamu berukuran kecil juga bisa digunakan pemilik rumah untuk menyambut tamu. Perlu penataan istimewa yang membuat ruang tersebut efektif.Jamie Keshin Design Ilustrasi ruang tamu. Ruang tamu berukuran kecil juga bisa digunakan pemilik rumah untuk menyambut tamu. Perlu penataan istimewa yang membuat ruang tersebut efektif.

KOMPAS.com - Tidak ada perasaan yang paling enak, selain berjalan di dalam rumah yang bersih selepas pulang kerja. Namun, padatnya pekerjaan sering kali membuat kita tidak memiliki waktu untuk membersihkan rumah dari debu.

Otomatis, akhir pekan sering dijadikan sebagai waktu terbaik bagi kita untuk membersihkan rumah. Mulai dari menyapu, menyedot debu, hingga mengepel.

Bagi rumah yang tidak memiliki banyak perabotan, tentu agenda bersih-bersih tidak akan membutuhkan waktu lama. Lain cerita bila banyak perabotan yang terdapat di dalam rumah Anda.

Tapi ada cara supaya Anda tidak perlu waktu lama untuk bersih-bersih, meski memiliki banyak perabotan. Berikut tips yang dikutip Kompas.com dari MyDomaine:

1. Hindari perabot berukuran besar

Perabotan ukuran besar seperti sofa atau meja, biasanya cukup memakan tempat bila ruang tamu yang Anda miliki tidak terlalu besar. Keberadaan perabot tersebut juga dapat mengganggu aliran udara.

Sebelum memutuskan untuk membeli perabotan, ada baiknya untuk mencari perabotan berukuran kecil. Selain tidak akan mengganggu pergerakkan Anda, juga tidak akan terlalu menghalangi aliran udara yang berpotensi membuat debu menumpuk.

2. Memasang banyak benda seni

Anda mungkin tergoda untuk memajang lukisan atau pigura foto, sebagai pemanis ruangan Anda. Tak jarang untuk memperindah letaknya, pajangan tersebut dipasang di sudut dinding.

Sebenarnya, Anda bisa mengatur ulang letak pigura tersebut. Namun lebih baik bila sejak awal pigura atau lukisan itu dipasang di tengah dinding.

3. Selimut lembut

Celana tidur mungkin nyenyak dipakai saat tidur. Namun, selembut apapun celana tidur, pasti akan menyisakan bekas kerutan pada sprei Anda.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan selimut untuk menutupi sprei yang kusut. Selain menyamarkan kerutan, sprei juga bisa membuat tampilan kamar Anda bak kamar hotel.

4. Meletakkan barang tidak teratur

Tidak mungkin dalam setahun, Anda tidak membeli barang. Entah itu pernak-pernik, buku, atau barang koleksi lainnya.

Ketika harus menampilkan barang koleksi, pastikan barang-barang itu tetap teratur dan rapih. Seperti meletakkan buku di luar rak. Pastikan buku yang ditaruh tidak bercecer.

Ini merupakan cara yang paling mudah untuk menyegarkan ruangan tanpa benar-benar perlu membersihkannya.


EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X