Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Diresmikan Jokowi, Stadion GBK Senayan Diguyur Hujan

Kompas.com - 14/01/2018, 18:56 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan meresmikan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, pukul 18.00 WIB, Minggu (14/1/2018).

Peresmian ini diikuti dengan pertandingan sepak bola antara Indonesia dan Islandia.

Baca juga : Sistem Pencahayaan Stadion GBK Senayan Disebut Terbaik di Dunia

Meski hujan deras mulai mengguyur Stadion Utama GBK sejak sekitar pujul 17.30, para penonton pertandingan yang berada di dalam stadion tetap bersemangat menyerukan yel yel Indonesia.

"Indonesia, Indonesia," seru para penonton saat melihat Tinnas Indonesia memasuki lapangan sekitar pukul 18.00.

Hingga berita ini dibuat yakni pukul 18.21 WIB, belum ada pemberitahuan pasti pukul berapa tepatnya Jokowi akan meresmikan Stadion Utama GBK dan memulai pertandingan tersebut.

Dilansir dari akun Facebook-nya, Presiden mengatakan, wajah baru Stadion Utama GBK mampu menampung 80.000 penonton dengan kualitas kursi yang lebih bagus.

Jelang diresmikan Presiden Joko Widodo, Stadion Utama GBK Senayan diguyur hujan, Minggu (14/1/2018).Arimbi Ramadhiani/Kompas.com Jelang diresmikan Presiden Joko Widodo, Stadion Utama GBK Senayan diguyur hujan, Minggu (14/1/2018).
Jenis kursinya meliputi single seat atau satu kursi dan dapa dilipat atau flip up yang telah memenuhi standar aksesibilitas evakuasi.

Setiap kursi mampu menahan beban hingga 250 kilogram dan tidak mudah ditarik sehingga menahan aksi vandalisme.

Presiden menambahkan, stadion tersebut juga sudah mengikuti standar FIFA dalam aspek keamanan. Saat kondisi darurat, dalam waktu 15 menit, stadion sudah harus kosong.

"Stadion ini akan diterangi lampu berkekuatan 3.500 lux. Ini tiga kali lebih terang dari sebelumnya, tapi 50 persen lebih hemat karena menggunakan LED, bukan lagi lampu konvensional," sebut Presiden.

Dari segi pencahayaan, lanjut dia, ini salah satu yang terbaik di dunia. Sistem pencahayaan GBK terintegrasi dengan sistem tata suara yang berkekuatan hingga 80.000 watt PMPO.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com