Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Stadion Utama Senayan Siap Digunakan Laga Uji Coba Timnas

Kompas.com - 29/12/2017, 00:01 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK) sudah bisa digunakan untuk uji coba pada laga pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Islandia.

Laga pertandingan itu rencananya akan dihelat pada 14 Januari 2018.

"Pertandingan bisa digelar di SUGBK karena proses renovasinya rampung akhir tahun 2017. Saya berharap Presiden Jokowi bisa sekaligus meresmikan SU GBK dan ikut menonton pertandingan tersebut," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Rabu (27/12/2017).

SU GBK menjadi salah satu venue pertandingan yang direnovasi pemerintah dalam rangka menghadapi Asian Games 2018. Secara keseluruhan, ada 13 venue yang direnovasi di Kompleks GBK.

Pekerjaan konstruksi SU GBK yang menghabiskan anggaran Rp 769,7 miliar itu, telah dimulai sejak Agustus 2016. Basuki menargetkan, stadion berkapasitas 76.000 penonton itu akan rampung renovasinya pada 31 Desember.

Saat ini, pemasangan rumput, peralatan tata suara dan tata cahaya telah rampung. SU GBK dibekali sistem pencahayaan berkekuatan 3.500 lux. Dengan LED lighting system, konsumsi listrik diklaim lebih hemat 50 persen dari lampu konvensional.

Selain itu, sistem pencahayaan terintegrasi dengan sound system berkekuatan hingga 80.000 watt PMPO.

Untuk kursi penonton, digunakan kursi baru berjenis flip up dengan kemampuan yang diklaim mampu menahan beban hingga 250 kilogram. Kursi tersebut disebut tidak mudah ditarik, sehingga menahan aksi vandalisme.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com