Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Diresmikan, Tol Surabaya-Mojokerto Gratis Seminggu

Kompas.com - 19/12/2017, 23:52 WIB
Dani Prabowo

Penulis

SURABAYA, KompasProperti - Jalan Tol Surabaya-Mojokerto yang diresmikan Presiden Joko Widodo, Selasa (19/12/2017) siang, rencananya akan digratiskan selama sepekan.

"Nanti akan dibuka gratis terlebih dulu seminggu, sampai awal tahun kira-kira," kata Direktur Utama PT Jasamarga Surabaya Mojokerto Budi Pramono kepada KompasProperti.

Adapun ruas yang diresmikan Presiden yaitu Seksi IB Sepanjang-WRR, Seksi II WRR-Driyorejo, dan Seksi III Driyorejo-Krian.

Ruas sepanjang 15,5 kilometer itu merupakan bagian dari Jalan Tol Surabaya-Mojokerto yang memiliki panjang 36,27 kilometer. Dengan beroperasinya ketiga ruas itu, maka seluruh jalan tol ini beroperasi penuh.

Peresmian jalan tol ini telah beberapa kali mundur dari jadwal. Padahal surat keputusan laik fungsi yang diterbitkan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan telah dikantongi Jasa Marga sejak 1 November 2017.

Sementara, Berita Acara Evaluasi laik Fungsi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah diterbitkan sejak 27 Oktober 2017.

"Wilayah peresmian itu adalah wilayahnya Kementerian PUPR.
Tugas kami hanya menyelesaikan konstruksi. Proyek itu sudah selesai akhir Oktober kemarin, dan sudah ada proses peninjauan laik operasi," kata Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com