Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura Rombak Orchard Road, Bakal Seperti Apa?

Kompas.com - 15/12/2017, 10:04 WIB
Haris Prahara

Penulis

KompasProperti – Singapura tengah menyiapkan rencana besar dalam mengembangkan denyut nadi ekonomi negaranya. Orchard Road menjadi fokus penataan.

Seperti dilansir Straits Times, Jumat (15/12/2017), pembenahan kawasan Orchard Road merupakan langkah strategis jangka panjang negeri singa, dalam 15-20 tahun ke depan.

Karena itulah, pemerintah setempat menyiapkan “Cetak Biru Orchard Road” untuk ditindaklanjuti menjadi rencana aksi, demikian pernyataan bersama Urban Redevelopment Authority (URA) dan Singapore Tourism Board (STB).

Kedua lembaga itu tengah melakukan studi selama 6 bulan pada kawasan surga belanja tersebut.

"Tujuan (studi) adalah memperkuat posisi, penawaran, dan pengalaman pengunjung Orchard Road. Ini adalah bagian dari usaha membuat Orchard Road kian berkembang sebagai tujuan gaya hidup dinamis,” demikian pernyataan resmi URA dan STB.

Baca juga: Ekonomi Lesu, Peritel di Orchard Road Singapura Buka Gerai Kuliner

Temuan dan rekomendasi dari penelitian itu bakal dimasukkan dalam cetak biru Orchard Road hingga dua dekade ke depan. Kelak, cetak biru tersebut akan diluncurkan kepada publik untuk diberi umpan balik.

Sebelumnya, pemerintah Singapura telah mengumumkan rencana penyegaran kawasan Orchard Road awal tahun ini. Termasuk di dalamnya adalah wacana membuat Orchard Road menjadi zona bebas dari mobil pada jangka panjang.

Sejumlah lembaga telah bekerja untuk melaksanakan aksi jangka pendek, antara lain penggunaan ruang terbuka Grange Road untuk acara kreatif.

Orchard Road jadi jalanan paling gemerlap dan penuh diskon di Singapura selama bulan Desember. Orchard Road jadi jalanan paling gemerlap dan penuh diskon di Singapura selama bulan Desember.
Saat ini, pasar malam Flashbang yang menampilkan 120 gerai makanan dan minuman juga tengah berlangsung. Pergelaran itu berakhir pada 30 Desember mendatang.

Lebih dari itu, persimpangan jalan Cairnhill dan Orchard Road bakal serupa dengan yang terjadi di distrik Shibuya, Tokyo.

Pejalan kaki dapat menyeberang secara diagonal dan hal itu tentunya memudahkan mobilitas warga maupun turis di Orchard Road.

Libatkan berbagai pihak

Direktur Eksekutif Asosiasi Bisnis Orchard Road Steven Goh mengatakan, pihaknya dan sejumlah pemangku kepentingan lain telah dilibatkan dalam serangkaian pembahasan terkait peremajaan kawasan Orchard Road.

Memperbaiki pedestrian Orchard Road termasuk dalam saran yang diberikan oleh asosiasi itu.

"Kami amat senang pemerintah melibatkan konsultan untuk menyusun cetak biru ini. Kami juga akan bekerja sama dengan URA dan STB untuk memberi masukan lain yang mereka butuhkan,” ucap Steven.

"Lalu lintas manusia sangat tinggi tahun ini, pertanda orang kembali ke Orchard untuk berbelanja dan menikmati aneka festival," tuntas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com