Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Semesta Bogor, Terbaik Kategori Desain Fasilitas Kesehatan Dunia

Kompas.com - 11/12/2017, 18:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Pusat rehabilitasi filantropi Desa Semesta di Bogor meraih penghargaan terbaik World Architecture Festival (WAF) 2017 kategori Health-Future Projects Winner.

Dirancang oleh Magi Design Studio dan ditugaskan oleh Yayasan Semesta, Desa Semesta berfokus pada tahap akhir pemulihan kesehatan mental menyeluruh, dan fase transisi sosial sebelum pasien dinyatakan bugar.

Tujuan organisasi nirlaba kemanusiaan ini adalah untuk mengenalkan secara bertahap pada pasien yang hampir sembuh total untuk tinggal dan bekerja di lingkungan masyarakat normal.

Sebelum fase ini, para pasien pernah terbengkalai di jalanan atau dikirim keluarga mereka ke Yayasan Semesta. Saat ini, pasien berasal dari berbagai latar belakang, kebanyakan adalah orang dewasa dan lansia.

Desain Desa Semesta oleh Magi Design Studioarchitectureprize.com Desain Desa Semesta oleh Magi Design Studio

Terletak di tengah pertanian manggis yang subur, Desa Semesta terdiri dari 2 lobi, 12 unit pasien, 2 unit perawat, unit medis, unit doa dan perpustakaan, aula serbaguna, dan area olah raga outdoor.

Rumah ini menampung 96 pasien dan 8 perawat, dengan tambahan tenaga dokter, staf, dan relawan yang berkunjung dan siaga.

Berada di alam dengan tanah berkontur yang luas, pepohonan terpelihara baik tanpa mengorbankan arsitekturnya.

Kompleks pejalan kaki yang ramah dibuat berupa jembatan perforasi yang bsia dibongkar pasang untuk memungkinkan penyerapan air dan penetrasi cahaya ke area hijau di bawahnya.

Jembatan ini juga menghubungkan keseluruhan kompleks ke peternakan dan membentang ke pintu belakang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com