Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Dominasi Perkantoran Termahal Asia Pasifik

Kompas.com - 07/12/2017, 15:00 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Lima dari sepuluh kota dengan harga sewa kantor premium termahal berada di China.

Meski dari kelimanya tak ada yang menduduki peringkat pertama, namun China mendominasi harga sewa perkantoran termahal.

Kelimanya yaitu Beijing Finance Street, Beijing Central Business District, Shenzhen Futian, Shanghai Pudong dan Shanghai Puxi.

Hal itu terungkap dari laporan Jones Lang LaSallae terhadap Premium Office Rent Tracker (PORT) seperti dikutip KompasProperti, Kamis (7/12/2017).

Managing Director, Markets and Integrated Portfolio Services JLL Asia Pacific Jeremy Sheldon mengatakan, tingginya harga sewa perkantoran premium di China disebabkan lantaran besarnya permintaan dari perusahaan domestik.

“Kuatnya fundamental pasar di Cina, meningkatnya biaya dan permintaan terus menerus untuk ruang kantor premium membawa kawasan-kawasan itu menempati daftar teratas," kata Sheldon dalam keterangan tertulis, Kamis (7/12/2017).

Tak hanya itu, secara umum, kota-kota di Asia juga menjadi sarang bagi ruang kantor premium termahal di dunia dengan harga sewa rata-rata 111 dollar AS per kaki persegi.

Sewa itu lebih tinggi dibandingkan Amerika Serikat yang hanya 85 dollar AS atau Eropa, Middle East dan Afrika (EMEA) yang hanya 78 dollar AS.

Untuk posisi pertama kota dengan harga sewa tertinggi dipegang Central Hong Kong dengan harga per tahun sebesar 323 dollar AS per kaki persegi. Harga sewa itu 70 persen lebih tinggi dari New York Midtown atau West End London.

"Di Cina, kita bisa melihat perusahaan-perusahaan mengisi gedung-gedung perkantoran berkualitas tinggi di Beijing dan meningkatkan kualitas kantor menjadi lebih baik. Sementara itu, perusahaan jasa keuangan domestik mendorong permintaan di kawasan CBD Shanghai," kata Sheldon.

Ia menambahkan, alasan lain tingginya harga sewa perkantoran premium di China lantaran perusahaan-perusahaan di negeri tirai bambu itu membutuhkan kantor di Beijing dan Shanghai untuk memperluas jangkauan nasional mereka.

"Dan hal ini kemungkinan akan mendorong lebih banyak permintaanuntuk ruang kantor," ujarnya.

Sementara itu, keragaman ekonomi di Asia juga menawarkan beberapa ruang kerja premium dengan harga paling kompetitif di dunia.

Seperti di Kuala Lumpur, Manila dan Bangkok yang menunjukkan posisi tiga teratas untuk harga kantor premium paling terjangkau.

Perusahaan Teknologi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com