China Dominasi Perkantoran Termahal Asia Pasifik - Kompas.com

China Dominasi Perkantoran Termahal Asia Pasifik

Dani Prabowo
Kompas.com - 07/12/2017, 15:00 WIB
Ilustrasi kota masa depanThinkstock Ilustrasi kota masa depan

JAKARTA, KompasProperti - Lima dari sepuluh kota dengan harga sewa kantor premium termahal berada di China.

Meski dari kelimanya tak ada yang menduduki peringkat pertama, namun China mendominasi harga sewa perkantoran termahal.

Kelimanya yaitu Beijing Finance Street, Beijing Central Business District, Shenzhen Futian, Shanghai Pudong dan Shanghai Puxi.

Hal itu terungkap dari laporan Jones Lang LaSallae terhadap Premium Office Rent Tracker (PORT) seperti dikutip KompasProperti, Kamis (7/12/2017).

Managing Director, Markets and Integrated Portfolio Services JLL Asia Pacific Jeremy Sheldon mengatakan, tingginya harga sewa perkantoran premium di China disebabkan lantaran besarnya permintaan dari perusahaan domestik.

“Kuatnya fundamental pasar di Cina, meningkatnya biaya dan permintaan terus menerus untuk ruang kantor premium membawa kawasan-kawasan itu menempati daftar teratas," kata Sheldon dalam keterangan tertulis, Kamis (7/12/2017).

Tak hanya itu, secara umum, kota-kota di Asia juga menjadi sarang bagi ruang kantor premium termahal di dunia dengan harga sewa rata-rata 111 dollar AS per kaki persegi.

Sewa itu lebih tinggi dibandingkan Amerika Serikat yang hanya 85 dollar AS atau Eropa, Middle East dan Afrika (EMEA) yang hanya 78 dollar AS.

Untuk posisi pertama kota dengan harga sewa tertinggi dipegang Central Hong Kong dengan harga per tahun sebesar 323 dollar AS per kaki persegi. Harga sewa itu 70 persen lebih tinggi dari New York Midtown atau West End London.

"Di Cina, kita bisa melihat perusahaan-perusahaan mengisi gedung- gedung perkantoran berkualitas tinggi di Beijing dan meningkatkan kualitas kantor menjadi lebih baik. Sementara itu, perusahaan jasa keuangan domestik mendorong permintaan di kawasan CBD Shanghai," kata Sheldon.

Ia menambahkan, alasan lain tingginya harga sewa perkantoran premium di China lantaran perusahaan-perusahaan di negeri tirai bambu itu membutuhkan kantor di Beijing dan Shanghai untuk memperluas jangkauan nasional mereka.

"Dan hal ini kemungkinan akan mendorong lebih banyak permintaanuntuk ruang kantor," ujarnya.

Sementara itu, keragaman ekonomi di Asia juga menawarkan beberapa ruang kerja premium dengan harga paling kompetitif di dunia.

Seperti di Kuala Lumpur, Manila dan Bangkok yang menunjukkan posisi tiga teratas untuk harga kantor premium paling terjangkau.

Perusahaan Teknologi

Kawasan perkotaan dengan kehadiran tekonologi yang kuat seperti Beijing, Shenzen, dan Tokyo menjadi lokasi bagi bercokolnya perusahaan teknologi.

Bahkan distrik Futian di Senzhen yang disebut sebagai Silicon Valley-nya China, untuk pertama kali masuk ke dalam laporan dengan harga sewa perkantoran termahal.

"Kami terus melihat peningkatan sewa di gedung-gedung perkantoran premium oleh perusahaan-perusahaan yang merupakan cara bagi mereka untuk menarik karyawan terbaik dan meningkatkan citra perusahaan, " kata Sheldon.

Bahkan, di kawasan Asia Pasifik mulai terjadi perubahan kantor yang dilakukan oleh perusahaan berbasis teknologi, yaitu dari virtual ke konvensional. Serta peningkatan grade dari B ke A.

Meskipun biaya menjadi faktor penting, perusahaan cenderung memilih lokasi kantor mereka berikutnya dengan memprioritaskan akses kepada orang-orang yang ahli dan berpotensial untuk dijadikan karyawan.

Termasuk dalam hal ini memberikan fleksibilitas dan pilihan kepada karyawan terhadap lingkungan kerja mereka.

Mulai dari makanan dan minmuman, tempat rekreasi, hingga ruang olahraga dan bersosialisasi.

"Perusahaan cenderung fokus pada tata letak kantor dengan ruangan inovatif dan memenuhi kebutuhan karyawan serta dapat meningkatkan tingkat efektifitas dan keterlibatan" kata Sheldon.

PenulisDani Prabowo
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM