Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruang Kolaborasi, "Angin Segar" Bagi Bisnis Perkantoran

Kompas.com - 30/11/2017, 00:24 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Di tengah pasokan ruang perkantoran yang berlebih sampai 5 juta meter persegi, coworking space atau ruang kolaborasi mulai berkembang.

Dalam hal ini, ruang kolaborasi dianggap bisa membantu meningkatkan okupansi kekosongan ruang kantor.

"Seperti (EV Hive) ini kan dia mengokupansi ruang kantor sampai 3 lantai. Ini bisa jadi "angin segar" juga saya lihat," ujar Director Research and Advisory Cushman and Wakefield Arief Rahardjo kepada KompasProperti, Rabu (29/11/2017).

Ia mengatakan, meski kantor kolaborasi berbentuk gedung dan sama-sama menyediakan ruang bekerja, pengelola kantor tidak perlu merasa tersaingi.

Pasalnya, target pasar keduanya berbeda. Ruang kolaborasi lebih cenderung menyasar perusahaan baru atau start up.

"Usaha yang timnya hanya beberapa orang, cocok di ruang kolaborasi. Tapi kalau korporasi yang sampai ratusan orang, tetap butuh kantor," jelas Arief.

Coworking space EV Hive @Plaza Kuningan, Jakarta. Arimbi Ramadhiani Coworking space EV Hive @Plaza Kuningan, Jakarta.
Terlebih lagi, kata dia, korporasi besar biasanya terdiri dari beberapa departemen yang mungkin ruangannya dan kebutuhan peralatannya khusus.

Sementara itu, EV Hive City @Plaza Kuningan memiliki luas 6.100 meter persegi dan memuat lebih dari 1.000 industri kecil-menengah dan pengusaha dalam satu community hub.

Dirancang untuk mendukung atmosfer kolaboratif di antara para anggota EV Hive, setiap lantainya dilengkapi dengan team discussion pod, event spaces, dan lounge untuk para anggota yang ingin mengadakan networking event dan business skill workshops.

Saat ini, EV Hive telah memiliki 10 cabang antara lain terletak di Thamrin, Kuningan, Sudirman, dan BSD City Serpong,

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com