APG Kembangkan Kartu Akses Apartemen untuk Transaksi Non Tunai - Kompas.com

APG Kembangkan Kartu Akses Apartemen untuk Transaksi Non Tunai

Dani Prabowo
Kompas.com - 05/12/2017, 08:51 WIB
Ilustrasi apartemen.vkyryl Ilustrasi apartemen.

JAKARTA, KompasProperti - Agung Podomoro Group lewat tentakel bisnisnya, Inner City Management (ICM), mengembangkan kartu akses yang biasa digunakan penghuni apartemen untuk masuk ke unit apartemen, menjadi uang elektronik.

Dengan menggandeng salah satu Bank BUMN, nantinya kartu akses itu bisa dimanfaatkan sebagai alat pembayaran seperti gerbang tol, transjakarta, kereta api, parkir, ojek dan taksi daring, hingga toko ritel.

"Langkah ini kami lakukan untuk mendukung cashless society, sekaligus untuk memberikan pengalaman yang lebih kepada penghuni apartemen yang kami kelola," Direktur Utama ICM Bambang Setiobudi Madja, lewat keterangan tertulis, Senin (4/12/2017).

Untuk tahap awal, uji coba kartu akses ini baru dilakukan di apartemen Seasons City, sejak awal November 2017.

Bambang meyakini, dengan mobilitas masyarakat dan penghuni apartemen yang tinggi, kartu akses yang memiliki banyak fungsi ini sangat penting.

Operational Manager ICM Krisdiarto Adi Pranoto mengatakan, ada 5.000 kartu yang sudah dibagikan kepada penghuni apartemen Seasons City. Jumlah ini akan bertambah seiring permintaan kartu di lingkungan apartemen.

Selain itu, ia menambahkan, tahun depan dua apartemen lain juga akan menyusul konsep serupa, yaitu Gading Nias Residence dan Royal Mediterania Garden Residence.

"Jadi mulai 2018, kami akan menerapkan bertahap ke apartemen-apartemen lain yang kami kelola," kata Krisdiarto.

Untuk diketahui, setidaknya ada 50 lokasi apartemen yang dikelola ICM saat ini, dengan jumlah sekitar 150 ribu unit.

"Jika satu unit apartemen dihuni minimal 2 orang, maka e-money berupa kartu akses yang beredar di lingkungan ICM bisa mencapai 300.000 kartu," ujarnya.

Dengan besarnya potensi kartu beredar tersebut, ICM berharap kontribusi terhadap Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang digalakan pemerintah bisa signifikan.

Agar penetrasi dan penggunaan non tunai lebih maksimal, akan ada program reward berupa poin dari setiap transaksi yang dilakukan menggunakan kartu.

Poin tersebut dapat digunakan untuk berbelanja kembali, atau ditukarkan dengan kebutuhan lainnya.

Seluruh toko yang ada di lingkungan apartemen yang dikelola ICM juga akan dilengkapi dengan mesin Electronic Data Capture (EDC) dari bank mitra untuk memudahkan penghuni apartemen dalam bertransaksi.

PenulisDani Prabowo
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM