Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tunggu Surat Laik Fungsi Terbit, Tol Soroja Segera Beroperasi

Kompas.com - 25/11/2017, 11:54 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Sejak dibangun pada September 2015 lalu, Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) akhirnya telah menyelesaikan proses uji fisik dan layak fungsi.

Jalan tol sepanjang 10,5 kilometer itu pun kini tinggal menunggu terbitnya surat laik fungsi untuk kemudian dapat segera diresmikan.

"Tinggal menerbitkan surat laik operasinya saja. Sementara tarifnya berjalan seiring," kata Kepala Badan Pegatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna di Jakarta, Jumat (25/11/2017).

Jalan bebas hambatan yang terbentang di tiga kecamatan yakni Kecamatan Soreang, Kecamatan Ketapang, dan Kecamatan Margasih ini menelan investasi senilai Rp 1,5 triliun.

Rinciannya, Rp 1,14 triliun untuk biaya konstruksi, dan sekitar Rp 400 miliar untuk biaya pembebasan lahan.

Ada tiga pintu keluar masuk pada gerbang tol (GT) ini, yaitu GT Ketapang, GT Margaasih, dan GT Pasir Koja.

Sedianya, jalan tol ini dibangun untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional 2016 yang digelar di Bandung. Namun, target itu meleset.

Kontraktor pun menjanjikan bahwa operasional tol ini dapat dilakukan pada Januari 2017, tapi lagi-lagi meleset. Proses uji laik fisik sendiri telah dilaksanakan pada 16-17 September lalu.

"(Hasilnya) sudah clear," kata Herry.

Soal usulan tarif, PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ) masih mengkaji tarif yang tepat yang akan dibebankan kepada masyarakat nantinya.

"Soal tarif masih kami kaji, tapi itu otoritas BPJT namun kami selaku investor berharap bisa mengembalikan apa yang kami keluarkan," kata Dirut PT CMLJ Bagus Medi seperti dikutip dari Antaranews.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com