Imbas "Batuknya" Gunung Agung, Okupansi Horison Melorot 17 Persen - Kompas.com

Imbas "Batuknya" Gunung Agung, Okupansi Horison Melorot 17 Persen

Dani Prabowo
Kompas.com - 15/11/2017, 19:00 WIB
Aktivitas Gunung Agung terlihat dari pesawat komersil saat melintas di atas pulau Bali, Minggu (29/10/2017). Berdasarkan hasil analisis data visual dan kegempaan serta mempertimbangkan potensi ancaman bahayanya maka pada tanggal 29 Oktober 2017 pukul 16.00 WITA status Gunung Agung diturunkan dari Level IV (Awas) ke Level III (Siaga).ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI Aktivitas Gunung Agung terlihat dari pesawat komersil saat melintas di atas pulau Bali, Minggu (29/10/2017). Berdasarkan hasil analisis data visual dan kegempaan serta mempertimbangkan potensi ancaman bahayanya maka pada tanggal 29 Oktober 2017 pukul 16.00 WITA status Gunung Agung diturunkan dari Level IV (Awas) ke Level III (Siaga).

JAKARTA, KompasProperti - Meningkatnya aktivitas Gunung Agung di Bali beberapa waktu lalu, rupanya cukup mengganggu sektor pariwisata di pulau tersebut.

Kementerian Pariwisata memprediksi sekitar 20 persen hingga 30 persen atau sekitar 60.000 wisatawan mancanegara batal datang ke Bali.

Imbasnya, tingkat okupansi sektor perhotelan pun sempat terkoreksi. Hal ini dialami Hotel Horison Seminyak yang dikelola PT Metropolitan Land Tbk (Metland).

Direktur Metland Wahyu Sulistio mengungkapkan tingkat okupansi Hotel Horison sebenarnya cukup baik.

"Untuk okupansi Horison Seminyak mencapai 77 persen. Ini tertinggi kedua untuk hotel di Bali," kata Wahyu di Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Namun, saat Gunung Agung menggeliat, tingkat okupansi Horison merosot hingga 17 persen. Sejumlah turis asing memilih membatalkan perjalanan ke Bali sampai kondisi stabil.

"Tinggal 60 persen. Yang batal tidak ada, tapi tidak ada pesanan baru. Lebih banyak (turis) lokal (yang datang)," kata dia.

Kini, setelah kondisi Gunung Agung reda, sektor pariwisata Bali mulai berangsur-angsur membaik. Turis asing yang sebelumnya membatalkan kunjungan pun mulai berdatangan.

"Sekarang sudah mulai naik lagi, minggu lalu itu (okupansi) sudah di 69 persen," tuntas Wahyu.

PenulisDani Prabowo
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM