Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Tulisan, Jokowi Ungkap Alasan Blusukan ke Seluruh Pelosok Negeri

Kompas.com - 20/10/2017, 13:00 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Tepat pada hari ini, Jumat (20/10/2017), Presiden Joko Widodo (secara resmi telah memimpin Indonesia selama tiga tahun.

Selama itu pula, pria yang akrab disapa Jokowi itu blusukan untuk melihat secara langsung kondisi di daerah, mulai dari Aceh hingga Papua serta dari Nusa Tenggara Timur sampai Pulau Miangas.

Lewat tulisan resmi di akun Facebooknya, Jokowi mengungkapkan alasannya blusukan ke seluruh wilayah Tanah Air.

Sembilan hari setelah dilantik sebagai Presiden pada 20 Oktober 2014, Jokowi menyambangi Kabupaten Karo di Sumatera Selatan. Sampai saat ini sudah 520 acara yang disambanginya selama 1.095 hari menjadi Presiden.

"Apa yang saya inginkan dari blusukan ke seluruh pelosok negeri?," tulis Presiden dalam akun Facebooknya.

Jokowi mengungkapkan, alasannya rajin blusukan yaitu ingin memastikan sekaligus mengontrol jalannya proyek-proyek strategis nasional yang dijalankan di daerah, sekaligus mencari solusi bila terjadi hambatan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyatakan, pemerintah gencar membangun infrastruktur guna mengejar ketertinggalan pembangunan dan meningkatkan daya saing dari negara lain.

"Anggaran untuk infrastruktur ini telah ditingkatkan pemerintah dari Rp 177 triliun pada tahun 2014 menjadi Rp 401 triliun pada tahun 2017," tulis Jokowi.

Pos Lintas Batas Negara (PLBN) BADAU di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat yang akan menjadi titik awal peserta gowes Bersepeda di Jantung Borneo pada 28 Oktober 2017.Arsip West Borneo Tourism Association Pos Lintas Batas Negara (PLBN) BADAU di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat yang akan menjadi titik awal peserta gowes Bersepeda di Jantung Borneo pada 28 Oktober 2017.

Setidaknya, tujuh pos lintas batas negara (PLBN) yang layak telah dirampungkan pembangunannya. Ketujuh PLBN itu berada di sepanjang perbatasan negara tetangga, seperti Malaysia, Papua Nugini dan Timor Leste.

Selain itu, dalam tiga tahun terakhir, pemerintah juga terus menggenjot pekerjaan jalan tol. Kini, jalan tol Indonesia telah bertambah panjangya yaitu 300 kilometer dari semulai 780 kilometer menjadi 1.080 kilometer.

Keberadaan jalan tol dinilai sangat penting, guna mempermudah konektivitas antardaerah dan juga memperlancar arus barang dan logistik.

"Saya menargetkan, jalan tol di Indonesia bertambah 1.800 kilometer dalam periode 2015-2019. Saat itu, Sumatera dan Jawa serta sebagian Kalimantan telah terhubungkan jalan bebas hambatan dari ujung ke ujung," tegas Jokowi.

Di samping tol, pembangunan jalan nasional di berbagai lokasi juga menjadi perhatian Jokowi. Hingga kini, sudah 2.623 kilometer, termasuk jalan-jalan di perbatasan, Trans Papua, Kalimantan dan NTT yang dibangun.

Sejumlah warga berfoto di depan Gerbang Tol Salatiga, Kamis (8/6/2017). Gerbang tol yang memiliki latar belakang Gunung Merbabu ini sempat viral di media sosial dan disebut-sebut gerbang tol terindah oleh netizen.Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Sejumlah warga berfoto di depan Gerbang Tol Salatiga, Kamis (8/6/2017). Gerbang tol yang memiliki latar belakang Gunung Merbabu ini sempat viral di media sosial dan disebut-sebut gerbang tol terindah oleh netizen.

Adapun, untuk jembatan yang dibangun hingga Oktober 2017 telah mencapai 25.149 meter.

"Kita juga membangun pelabuhan, mulai dari Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta, Kuala Tanjung di Sumatra Utara, dan Makassar New Port di Sulawesi Selatan, serta pelabuhan-pelabuhan kecil di berbagai pulau. Tahun depan akan dimulai pembangunan pelabuhan di Sorong, Papua," kata dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com