Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumut Belajar Pengelolaan Kawasan Danau dari Hungaria

Kompas.com - 18/10/2017, 09:00 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KompasProperti - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) dan Provinsi Bekes County, Hungaria, berencana memperbarui kerja sama sister province-nya awal Desember 2017 ini.

Gubernur Sumut Erry Nuradi dan President of the General Assembly Bekes County Mihály Zalai menyatakan akan menandatangani kerja sama baru sister province antara keduanya di hadapan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI di Budapest Hunggaria, Wening Esthyprobo F.

Erry berharap kerja sama tersebut bisa ditingkatkan lagi di bidang lain. Pasalnya, kerja sama antar provinsi beda negara ini sudah berlangsung sejak 2010.

Dia mengungkapkan keinginannya agar Sumut bisa bekerja sama dalam hal pengelolaan danau.

Pemprov Sumut punya Danau Toba yang terbesar di Asia Tenggara, memiliki panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Sementara Hungaria punya Danau Balaton yang terluas di Eropa Timur dengan panjang 77 kilometer dan lebar 13 kilometer.

"Kami harap bisa digagas kerja sama agar Sumut bisa belajar dalam hal pengelolaan kawasan danau. Banyak potensi yang bisa dikerjasamakan dan dikembangkan dengan Hungaria. Ibu Dubes diharapkan bisa menjadi jembatan Sumut dengan Hunggaria,” kata Erry, Selasa (17/10/2017).

Menanggapi Erry, Wening mengatakan pihaknya akan menjajaki kerja sama dengan kawasan Danau Balaton.

“Saya akan bantu menindaklanjuti kemungkinan kerja samanya, apalagi sudah ada mandat dari Pak Gubernur,” ujarnya.

Diakui Wening, manajemen pengelolaan Danau Balaton sudah cukup baik dan bisa dijadikan pembelajaran. Mengelola danau untuk pengembangan pariwisata, ekonomi dan pelestarian lingkungan hidup.

"Di Danau Balaton setiap musim panas ada festival yang digelar setiap desa secara bergantian,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com