Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, Serah Terima World Trade Center 3 Jakarta

Kompas.com - 09/10/2017, 19:41 WIB
Dani Prabowo

Penulis

BEKASI, KompasProperti - Direktur Central Cipta Murdaya (CCM) Holding, Karuna Murdaya memastikan, dalam waktu dekat pembangunan proyek World Trade Center (WTC) 3 akan segera rampung.

Proses serah terima kepada penyewa perkantoran premium yang digarap PT Jakarta Land, perusahaan patungan antara CCM Holding dan Hongkong Land, itu diperkirakan dapat dilaksanakan pada kuartal pertama 2018.

"Tapi sampai gedungnya buka itu tergantung tenant-nya kapan siap," kata Karuna kepada KompasProperti, di Bekasi, Senin (9/10/2017).

Sejauh ini, sudah ada beberapa penyewa yang berencana berkantor di proyek dengan luas bangunan 69.000 meter persegi itu. Di antaranya PriceWaterhouse Cooper (PwC).

Perusahaan yang berbasis di London, Inggris, itu akan menempati ruangan seluas 25.000 meter persegi. Selain itu, PwC berhak mendapatkan nama gedung atau naming right.

"(Untuk kisaran harga sewa sesuai) harga pasar buat gedung Grade A," kata Karuna.

Karuna mengaku, investasi yang dibenamkan untuk membangun WTC 3 cukup besar, bila dibandingkan dengan WTC 2 yang sudah beroperasi lebih dulu pada 2012 lalu.

Sekadar informasi, ongkos konstruksi WTC 2 yang dibenamkan CCM Holding dan Hongkong Land mencapai Rp 3 triliun.

Saat itu, WTC 2 disebut sebagai gedung perkantoran dengan ongkos konstruksi termahal di Indonesia.

"Itu biaya bangun WTC 3 sebesar 2,5 kali bangun WTC 2," cetus Karuna.

WTC 3 dirancang bebas kolom dengan teknologi tinggi yang memungkinkan efisiensi, dan efektivitas operasional.

CEO Leads Property Indonesia, sebagai agen tunggal pemasaran WTC 3, Hendra Hartono, menambahkan, spesifikasi gedung ini bakal lebih tinggi, dan bagus ketimbang WTC 2.

WTC 3 didesain sebagai kantor pusat atau headquarter bagi perusahaan-perusahaan finansial global macam HSBC, UBS, dan PwC.

"Semuanya dibuat redundant seperti kaca jendela ganda (double glass window) yang memantulkan panas matahari, raised floor, double back up power, double electrical raiser, dan lain-lain," papar Hendra.

WTC 3 yang merupakan karya arsitektur dari konsultan Inggris, Aedas ini juga telah mendapat sertifikasi Green Mark dari Building and Construction Authority (BCA) Singapura untuk desain berkelanjutan dengan mengadopsi teknologi konstruksi bangunan hijau.

Atas desain berkelanjutan ini, WTC 3 Sudirman mendapat anugerah terbaik di bidang arsitektur perkantoran atau the best office development dari Indonesia Property Awards 2015 yang digelar oleh Ensign Media Co. Ltd.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com