Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

40 Anggota Pasukan Kuning Ikut Pelatihan Perbaikan Jalan

Kompas.com - 28/09/2017, 08:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Keberadaan Pasukan Kuning di bawah naungan Dinas Bina Marga Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berperan besar dalam percepatan perbaikan infrastruktur di ibu kota.

Untuk meningkatkan keahlian tim Pasukan Kuning dalam pekerjaannya, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Holcim Indonesia mengadakan pelatihan di Jakarta, 26-27 September 2017.

Pasukan Kuning sendiri dibentuk pada 2014 sebagai kelompok yang terdiri atas Pekerja Harian Lepas.

Mereka bertugas untuk merapikan atau memperbaiki jalan dan trotoar di jalan-jalan protokol maupun jalan perkampungan.

"Membekali mereka dengan pelatihan ini, akan membantu pekerjaan mereka lebih efektif dan efisien dari sisi waktu, material, dan biaya," ujar Kepala Dina Bina Marga Pemprov DKI Jakarta Yusmada Faizal melalui keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Rabu (27/9/2017).

Selain itu, imbuh Yusmada, pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan taraf hidup Pekerja Harian tersebut diwaktu yang akan datang,

Lebih lanjut, isi pelatihan meliputi pengetahuan dan keterampilan mengenai aplikasi dasar bahan bangunan yang baik dan benar.

"Pasukan Kuning dibentuk agar pekerjaan perbaikan fasilitas publik dapat diselesaikan lebih cepat dan tidak mengganggu aktivitas masyarakat yang menggunakan jalan, baik itu pengendara kendaraan maupun pejalan kaki," kata Yusmada

Pelatihan yang diberikan Holcim mencakup peningkatan pengetahuan dan kompetensi mengenai bahan bangunan khususnya aplikasi semen dan beton di tingkat dasar dan diikuti sebanyak 40 peserta.

Selesai mengikuti pelatihan ini, Holcim juga memberikan sertifikasi kepada peserta sebagai bukti bahwa mereka adalah tenaga terlatih dan terampil.

Aggregates, Infrastructure and Construction Material Director Holcim Indonesia, Marcelo Castro, mengaku memahami kendala-kendala yang dihadapi Pasukan Kuning di lapangan.

"Pelatihan ini merupakan bentuk kepedulian Holcim agar mereka dapat menjalankan tugas dengan optimal dalam membantu Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta untuk melayani masyarakat," sebut Castro.

Adapun kerja sama Holcim dengan Dinas Bina Marga telah berlangsung sejak 2014.

Kerja sama ini dilakukan dalam berbagai bentuk, antara lain pembenahan sarana infrastruktur yang ada di Jakarta seperti jalur Bus Transjakarta, jalur protokol, jalur pedestrian dan lain-lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com