Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kinerja Sektor Properti Asia terhadap Lingkungan Hidup Membaik

Kompas.com - 26/09/2017, 22:15 WIB
Dani Prabowo

Penulis

KompasProperti - Sektor properti Asia mencatat kinerja baik dalam hal menjaga keberlangsungan tata kelola linkungan hidup, sosial dan pemerintah (ESG) dibandingkan tahun lalu.

Hal itu diketahui berdasarkan data Global Real Estate Sustainability Benchmark (GRESB) Real Estate Assesment, seperti dikutip dari Property-Report.

Asia mencatat skor 63 poin atau naik dibandingkan tahun lalu yaitu 59 poin. Meski ada peningkatan terhadap penggunaan air, namun negara di kawasan ini mampu mengurangi konsumsi energi hingga 0,8 persen dan emisi karbon 1,5 persen.

Sebagai penilaian perspektif, peningkatan rata juga terjadi secara global hingga 63, atau tiga poin dibandingkan tahun lalu.

Peningkatan pada tahun ini ditandai dengan berkurangnya penggunaan energi, emisi karbon dan konsumsi air, serta diversi landfill waste.

Penilaian terhadap sektor properti di Asia menunjukkan, sekitar 124 perusahaan dan lembaga pendana di Asia, telah menghadirkan 124 miliar juta dollar AS di bawah aset manajemen, di dalam laporan performa ESG.

Tahun ini, capaian sektor properti di Asia menunjukkan peningkatan yang keberlanjutan, seiring terintegrasinya antara strategi bisnis dan eksekusi.

"Serta mendukung upaya daerah dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat, bangunan yang efisien dan masyarakat kota yang lestari dan tangguh," kata Head of Asia Pacific GRESB, Ruben Langbroek.

"Tantangan yang paling penting untuk perbaikan lebih lanjut di Asia adalah perubahan pola pikir," imbuh Langbroek.

Untuk meningkatkan penilaian, ia mengatakan, dapat dilakukan langkah mediasi. Terutama, terkait penanaman wawasan tentang nilai tambah bangunan serta portofolio bangunan itu sendiri.

"Pemangku kepentingan diharapkan untuk memasukkan pandangan holistik jangka panjang mengenai keberlanjutan untuk menetapkan waktu transisi ke arah pembangunan kawasan yang zero carbon," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com