10 Cara Meraih "Surga" di Apartemen Mungil Anda! - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dan Meikarta

10 Cara Meraih "Surga" di Apartemen Mungil Anda!

Mikhael Gewati
Kompas.com - 13/09/2017, 06:57 WIB
Foto contoh desain interior yang akan digunakan apartemen kota baru Meikarta PT Lippo Cikarang Tbk saat show unit di Kantor Marketing Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Foto contoh desain interior yang akan digunakan apartemen kota baru Meikarta PT Lippo Cikarang Tbk saat show unit di Kantor Marketing Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.
KompasProperti – Pulang ke rumah adalah aktivitas yang biasanya paling ditunggu-tunggu para pekerja. Hal ini wajar terjadi mengingat mereka sudah bekerja keras di kantor sehingga letih dan ingin menikmati waktu santai di rumah.
 
Jadi, sudah sewajarnya ketika sampai di rumah mereka melakukan aktivitas menyenangkan dan memanjakan tubuh, seperti mendengarkan musik, menonton film, membaca novel, bersantai, dan yang paling penting istirahat.
 
Bagaimana dengan pekerja yang tinggal di apartemen, apakah keterbatasan ruangan memaksa mereka tidak bisa senyaman di rumah tapak?
 
Jawabannya, tentu saja tidak. Terlebih lagi, saat ini ada banyak cara untuk menyiasati ruangan apartemen yang kecil sehingga menjadi nyaman serasa tinggal di surga.
 
Dirangkum dari Kompas.com, berikut 10 cara yang dapat mengubah suasana apartemen Anda menjadi serasa di surga.
 
Foto udara kawasan Central Park di kawasan Kota Baru Meikarta, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/9/2017). Meikarta telah membangun central park, yakni sebuah taman terbuka hijau seluas 100 hektar. Taman ini memiliki berbagai tanaman, lengkap dengan kebun binatang mini hingga jogging track.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Foto udara kawasan Central Park di kawasan Kota Baru Meikarta, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/9/2017). Meikarta telah membangun central park, yakni sebuah taman terbuka hijau seluas 100 hektar. Taman ini memiliki berbagai tanaman, lengkap dengan kebun binatang mini hingga jogging track.
Pertama
, warna dinding yang menenangkan. Untuk merilekskan pikiran Anda dari segala macam tekanan di kantor maka butuh ketenangan, dan warna memegang peranan penting untuk menciptakan suasana itu.
 
Oleh karena itu, usahakan pilihlah warna dinding yang terlihat tenang di mata. Contohnya warna abu-abu keperakan, biru, warna kayu alami, putih, sage hijau yang menghasilkan suasana lembut, atau pink yang dapat menimbulkan kesan hangat. 
 
Kedua, tidak semua barang harus dipajang. Untuk menghemat ruangan maka Anda harus selektif dalam memajang barang.
 
Anda bisa menyembunyikan barang-barang seperti kabel dan perlengkapan elektronik, terutama yang jarang digunakan. Anda juga harus selektif dalam memilih barang yang boleh dibawa pulang.
 
Pasalnya, menumpuk barang di hunian berukuran terbatas hanya akan membuat ruangan tampak penuh.
 
Ketiga, kedap suara. Posisi unit apartemen yang berdempetan dengan unit yang lain memang sering kali menimbulkan masalah. Salah satunya adalah polusi suara. 
 
Suara bising yang terjadi di unit sebelah biasanya akan terdengar oleh penghuni apartemen di unit yang berdekatan. Kalau ini terjadi maka kenyamanan Anda untuk rileks dan istirahat dapat terganggu.
 
Untuk meminimalisasi hal itu, Anda bisa melapisi lantai apartemen dengan karpet tebal dan menggunakan tirai jendela tebal. Sementara itu, untuk dinding bisa dilapisi tekstil tebal atau bahan khusus peredam suara.
 
Foto contoh desain interior yang akan digunakan apartemen kota baru Meikarta PT Lippo Cikarang Tbk saat show unit di Kantor Marketing Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOB Foto contoh desain interior yang akan digunakan apartemen kota baru Meikarta PT Lippo Cikarang Tbk saat show unit di Kantor Marketing Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.
Keempat
, tanaman dan hewan peliharaan. Untuk menghadirkan suasana berbeda, bawalah tanaman dalam pot ke apartemen. Daun atau bunga pada tanaman biasanya akan membuat mata nyaman memandang.
 
Bila Anda penyuka binatang, tak lupa bawa hewan peliharaan. Perlakukan ia dengan baik dan jadikan sahabat untuk membuat diri Anda merasa lebih santai di apartemen.
 
Sebagai contoh, Anda bisa berlari-lari bersama kucing dan anjing Anda, atau memandangi ikan berenang di akuarium sehingga bisa melepas penat sepulang kerja. 
 
Kelima, ornamen alami. Agar suasana di apartemen terasa alami maka bawalah berbagai ornamen berbahan alami. 
 
Anda bisa membawa wol, sisal, meja kayu, koleksi kerang, dan batu-batu kecil untuk kamar mandi sebagai variasi dari kebosanan Anda terhadap material sehari-hari yang biasa dilihat.
 
Keenam, pengaturan furnitur. Tetapkan prioritas, furnitur apa yang benar-benar Anda butuhkan dan di mana letak menaruhnya. 
 
Bayangkan juga bagaimana penggunaan masing-masing furnitur itu sepanjang hari. Kalau sering digunakan maka letakkanlah pada posisi yang mudah dijangkau.
 
Jika sudah menempatkan semua kebutuhan dan masih tersisa ruang, Anda bisa menambahkan beberapa detailnya.
 
Ketujuh, pencahayaan. Lampu dengan cahaya terang memang membantu ketika ingin mengerjakan sesuatu. 
 
Namun, bila Anda ingin santai atau rileks maka tambahkan pencahayaan melalui wall mounted sconce atau lampu tempel. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan lampu meja sebagai penerangan di kamar tidur.
 
Pastikan memilih lampu dengan cahaya yang cukup terang untuk membaca, tetapi tidak terlalu silau sehingga memudahkan Anda untuk tidur. Alternatif lain yaitu dengan memasang lampu yang mempunyai pengaturan cahaya atau dimmer.
 
Foto contoh desain interior yang akan digunakan apartemen kota baru Meikarta PT Lippo Cikarang Tbk saat show unit di Kantor Marketing Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOB Foto contoh desain interior yang akan digunakan apartemen kota baru Meikarta PT Lippo Cikarang Tbk saat show unit di Kantor Marketing Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.
Kedelapan
, barang yang bisa digeser. Memiliki benda-benda yang mudah digeser akan membuat Anda lebih mudah memindahkannya. 
 
Cara lain adalah dengan menggunakan barang-barang multifungsi dan fleksibel. Cara ini terbukti mampu menghemat ruang. 
 
Kesembilan, kecocokan warna. Sesuaikankah barang-barang atau perabotan yang Anda beli dengan warna dinding apartemen.  
 
Hal ini, menjadi penting agar setiap warna dari benda yang ada di dalam apartemen menjadi saling melengkapi sehingga indah dilihat mata.  
 
Kesepuluh, taman kecil. Kalau apartemen Anda dilengkapi dengan balkon, manfaatkanlah ruangan itu semaksimal mungkin. 
 
Jadikan balkon tersebut menjadi area terbuka yang nyaman. Anda bisa menggantung tanaman dalam pot di atas balkon dan menaruh kursi empuk atau sofa sehingga bisa menjadi tempat bersantai di alam terbuka. 
 
Nah, bagi Anda yang sedang bingung mencari apartemen di sekitar Jakarta, ada baiknya melirik daerah Cikarang, Jawa Barat. Saat ini, di sana sedang ada rencana besar untuk membangun apartemen sekaligus kota dengan nama Meikarta
 
Di kota baru itu, rencananya akan dikembangkan 100 gedung tinggi dengan ketinggian masing-masing gedung sekitar 35 hingga 45 lantai. Lebih dari itu, tercatat saat ini ada proyek pembangunan transportasi massal yang akan membuat waktu tempuh Jakarta ke Cikarang menjadi lebih singkat.
 
Dua proyek yang dimaksud adalah Jakarta Light Rail Transport ( LRT) dan Mass Rapid Transit Jakarta atau Angkutan Cepat Terpadu Jakarta.
 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisMikhael Gewati
EditorLatief
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM