Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekiya Sulap Pondok Nelayan Tradisional Jadi Kontemporer

Kompas.com - 01/09/2017, 11:13 WIB
Dani Prabowo

Penulis

KompasProperti - Apa yang dilakukan arsitek asal Jepang, Masato Sekiya, mungkin telah mengubah paradigma atas sebuah pondok nelayan. Di tangannya, sebuah pondok tradisional di Nara, disulap menjadi bangunan kontemporer.

Terletak di Pegunungan Omine, Desa Tenkawa, pondok tersebut dikelilingi pemandangan alam yang indah. 

Kondisi lingkungan serta tepi sungai yang tajam, menjadi faktor penting dalam rancangan akhir arsitektur. Situs datar seluas enam meter persegi menjadi titik awal pembangunan sebelum memulai sisi lain yang berada di atas lereng curam sedalam 17 meter.

Saat pertama kali mendesainnya, Sekiya menyadari, bahwa ia tak akan mampu mengelak dari pemandangan alam yang ada di sekitarnya.

"Solusinya, saya menggali hampir ke dalam tanah, dan menenggelamkan bangunan ke dalamnya. Lalu membuatnya seakan menjorok ke udara di atas sungai," kata dia seperti dikutip dari Designboom.

"Kunci utama dari struktur bangunan yakni keseimbangan. Struktur ini memiliki keseimbangan yang terpasang di dasar datar, dengan pilar beton ruffle sebagai titik tumpu serta massa beton sebagai penyeimbang," kata dia.

Partisi interior dapat diubah sesuai kebutuhan. Dek kantilever, ruang tamu, dan kamar tidur dapat digabung menjadi satu ruangan, sehingga memudahkan cahaya untuk masuk ke dalam.

Dari jalan, atap hijau serta tempat parkir mobil menjadi satu-satunya elemen rumah yang terlihat. Hal ini memungkinkan privasi kegiatan keluarga dapat terjaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com