Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Kasus "Indiana Jones", 30 Jembatan Dibangun di Banten

Kompas.com - 30/08/2017, 22:07 WIB
Dani Prabowo

Penulis

LEBAK, KompasProperti - Pemerintah berencana membangun 30 unit jembatan gantung di Provinsi Banten, untuk membantu masyarakat yang hendak menyeberangi sungai dari titik satu ke titik lainnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, keinginan pemerintah membangun jembatan gantung untuk mengantisipasi terulangnya kembali kisah jembatan "Indiana Jones", yang cukup populer beberapa waktu lalu.

"Banyak sekali di sini yang masih membutuhkan, (bahkan) ratusan jembatan gantung. Sehingga, anak-anak sekolah di sini tidak (lagi) seperti Indiana Jones," kata Basuki di Lebak, Banten, Rabu (30/8/2017).

Kisah foto jembatan "Indiana Jones" di Lebak sempat populer beberapa waktu lalu, lantaran dimuat sejumlah media massa.

Dalam foto tersebut terlihat perjuangan anak-anak sekolah dalam menyeberangi sungai menggunakan jembatan yang putus sebelah. Padahal, sungai yang mereka lalui cukup dalam.

Basuki menambahkan, jembatan gantung yang nantinya dibangun, tak hanya untuk Kabupaten Lebak saja, melainkan tersebar di wilayah kabupaten/kota lainnya di Provinsi Banten.

"Ini saya  juga diperintah langsung untuk bangun jembatan gantung," ujarnya.

Lebih jauh, Basuki mengatakan, bukan kali ini saja bantuan jembatan gantung diberikan pemerintah pusat kepada Provinsi Banten.

Tahun lalu, pemerintah juga telah membangun sepuluh jembatan gantung serupa untuk memudahkan akses masyarakat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com