Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/08/2017, 21:45 WIB
Dani Prabowo

Penulis

WASHINGTON DC, KompasProperti - Baru-baru ini pemerintah Washington DC, Amerika Serikat, meluncurkan desain proyek konstruksi terbesar bagi kota tersebut.

Sebuah jembatan senilai 411 juta dollar AS atau setara Rp 5,4 triliun akan dibangun di atas Sungai Anacostia menggantikan jembatan memorial Douglass Grace yang telah berusia 68 tahun.

Proyek ini akan digarap oleh tim South Capitol Bridge Builders, yang terdiri atas perancang utama AECOM, Archer Western Construction dan Granite Construction.

Tim tersebut terpilih setelah sebelumnya memenangkan kompetisi pembuatan jembatan pada tahun 2014 lalu.

Jembatan yang akan dibangun merupakan bagian dari South Capitol Street Corridor Project mencakup enam jalur baru serta jalur lalu lintas oval di kedua sisi sungai.

Proyek ini sekaligus memperbaiki sistem pengelolaan air hujan dan ruang bagi pejalan kaki di tepi sungai.

Adapun untuk desain jembatan, akan dilengkapi dengan tiga lengkungan yang terinspirasi dari sejarah lengkungan kota itu, serta dua dermaga dan empat pemandangan bagi pejalan kaki.

Proyek jembatan di Washington DC.www.archdaily.com Proyek jembatan di Washington DC.

Selain memperindah kota dan menunjang konektivitas, pekerjaan proyek ini sekaligus untuk meningkatkan keselamatan pejalan kaki dan kendaraan, serta menambah jalur transportasi multi-moda baru.

"Hari ini, kami mengambil langkah besar untuk memperbaiki infrastruktur Distrik dan membangun DC yang lebih aman dan lebih kuat," kata Wali Kota Washington, Muriel Bowser, seperti dikutip dari Archdaily.

"Jembatan Memorial Frederick Douglass dan seluruh South Capitol Street Corridor Project akan menciptakan lapangan kerja baru bagi penduduk Distrik dan akan menjadi ikon baru yang menghubungkan antara Anacostia dan Downtown DC," lanjut Bowser.

Konstruksi awal dari proyek jembatan ini, diperkirakan baru akan dibuka pada tahun 2021 atau bertepatan dengan peringatan ke-200 dari Fredrick Douglass.

Proyek jembatan di Washington DC.www.archdaily.com Proyek jembatan di Washington DC.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com