Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intiland Pertahankan Okupansi Kantor

Kompas.com - 07/08/2017, 18:35 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

TANGERANG, KompasProperti - Sebagai pengembang beberapa gedung kantor, PT Intiland Development Tbk memiliki kinerja yang cukup baik. Hal itu dibuktikan dengan okupansi gedung-gedung tersebut yang lebih dari 75 persen.

"Kita tidak targetkan harus 100 persen, karena pasar perkantoran sekarang sangat menantang. Untungnya, gedung Intiland masih diminati," ujar Sekretaris Perusahaan PT Intiland Development Tbk, Theresia Rustandi, menjawab KompasProperti di Balaraja, Tangerang, Sabtu (5/8/2017).

Dia menyebutkan pencapaian yang baik ini salah satunya terjadi pada South Quarter yang berlokasi di kawasan segitiga TB Simatupang.

Meski termasuk gedung kantor baru, menara pertama yang berstatus strata terjual 100 persen. Sementara itu, dua menara selanjutnya, yakni B dan C, masing-masing okupansinya 100 persen dan 60 persen.

Adapun okupansi untuk gedung Intiland Jakarta di kawasan Sudirman mencapai 90 persen. Sementara Gedung Graha Pratama di MT Haryono telah dihuni 100 persen. Selain itu, untuk Intiland Tower Surabaya, okupansinya tercatat 75 persen.

"Itu cukup bagus, dan kami cukup happy dengan kondisi seperti ini, karena kita tidak bisa perang harga," jelas Theresia.

Theresia melanjutkan, kinerja ini dapat dicapai dengan mempertahankan konsep dan lokasi.
Selain itu, untuk gedung yang sudah eksisting, Intiland juga melakukan renovasi dan meningkatkan mutu pelayanan dan fasilitas.

Bersaing

Theresia mengatakan, beratnya kondisi pasar perkantoran di Indonesia karena adanya tren baru yang berkembang. Saat ini kebiasaan orang berkantor sudah berbeda dibandingkan dengan dulu.

"Banyak start-up yang kemudian menggunakan co-working space. Banyak anak-anak muda yang tidak lagi mementingkan punya kantor yang prestisius," kata Theresia.

Dengan kondisi perubahan cara berpikir tentang kantor ini, lanjut dia, memengaruhi okupansi gedung-gedung perkantoran.

Hal tersebut diakuinya menjadi bahan evaluasi bagi Intiland untuk mencari konsep perkantoran ke depan. Evaluasi ini bahkan dilakukan sampai 3 bulan sekali, karena dinamika yang berkembang cukup pesat.

Sementara itu, saat ini keberlanjutan gedung perkantoran ditopang oleh perusahaan-perusahaan besar atau multinasional. Namun, perusahaan multinasional itu juga tidak mudah untuk memutuskan menyewa atau membeli kantor.

"Mereka (perusahaan multinasional) ini ketika mau masuk (sewa atau beli kantor), perlu waktu. Harus izin dulu ke head office di negaranya. Jadi prosesnya panjang," pungkas Theresia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com