Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Dioperasikan, Lihat Keindahan Simpang Susun Semanggi

Kompas.com - 29/07/2017, 07:42 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Jembatan Simpang Susun (SS) Semanggi secara resmi telah dioperasikan dan dapat digunakan oleh masyarakat.

Pengoperasian ini menyusul diserahkannya Sertifikat Layak Fungsi (SLF) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kepada Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Jumat (28/7/2017) malam.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, sebelum SLF diserahkann, Kementerian PUPR telah menerima rekomendasi dari Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ), yang menyatakan bahwa SS Semanggi dapat dioperasikan dengan aman.

"Semoga dapat mengurai kemacetan di jantung Kota Jakarta," kata Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Jumat (28/7/2017).

Pendaran cahaya lampu menambah keindahan SS Semanggi.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Pendaran cahaya lampu menambah keindahan SS Semanggi.

SLF yang diterbitkan Kementerian PUPR dikeluarkan berdasarkan rekomendasi KKJTJ Nomor UM.01.03-KKJTJ.01/112 tanggal 28 Juli 2017 perihal Rekomendasi Persetujuan Laik Fungsi Jembatan SS Semanggi dengan struktur jembatan box girder berbentuk lengkung sepanjang 1,8 KM.

Sebelum SLF diterbitkan, SS Semanggi telah menjalani serangkaian tes, mulai dari uji beban statik hingga dinamik. Hasil tes menyatakan struktur dalam stabilitas yang baik serta memenuhi defleksi yang diizinkan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyerahkan sertifikat layak fungsi (SLF) Simpang Susun Semanggi kepada Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Jumat (28/7/2017).Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyerahkan sertifikat layak fungsi (SLF) Simpang Susun Semanggi kepada Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Jumat (28/7/2017).

"Selanjutnya, untuk jangka panjang Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta perlu melaksanakan uji teknis pada lokasi jembatan yang lain untuk menjamin keamanan dari jembatan di masa yang akan datang," ujarnya.

Pekerjaan pembangunan Jembatan SS Semanggi menelan biaya Rp 360 miliar dan dikerjakan PT Wijaya Karya.

Pekerjaan ini rampung dua bulan lebih awal dan direncanakan akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada 17 Agustus mendatang atau saat perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-72.

Pendaran cahaya lampu hiasi SS Semanggi.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Pendaran cahaya lampu hiasi SS Semanggi.

Simpang Susun Semanggi.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Simpang Susun Semanggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com