Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kalau Bisa 5 Menit Pakai 'Parking Bay', Jalan Lagi"

Kompas.com - 13/06/2017, 15:17 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Untuk meningkatkan kenyamanan pemudik pada musim Lebaran tahun ini, pemerintah telah menambah fasilitas parking bay di sepanjang ruas tol Cikampek hingga Pejagan. Namun, ada baiknnya bila Anda bijak dalam menggunakan fasilitas tersebut.

Parking bay merupakan pengganti tempat istirahat (TI) atau rest area, yang luasnya relatif lebih kecil bila dibandingkan TI umumnya.

Panjang parking bay tak lebih dari 50 meter, sehingga jumlah mobil yang dapat ditampung pun tidak terlalu banyak.

"Jadi memang dibutuhkan pengertian dari para pengguna," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna kepada KompasProperti, Senin (12/6/2017).

Berbeda dengan rest area, parking bay tidak dilengkapi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Hanya mushola dan kamar kecil, fasilitas umum yang terdapat di dalamnya.

Kendati demikian, keberadaan parking bay dinilai cukup membantu masyarakat yang tengah menghadapi kemacetan. Terutama, bila mereka belum mencapai lokasi rest area.

"Di situ kan hanya untuk buang air atau ibadah, karena itu jangan berlama-lama. Kalau bisa 5 menit pakai parking bay, jalan lagi," imbau dia.

Sementara itu, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR berencana menambah fasilitas mobile toilet. Hal itu dilakukan bila masyarakat yang mengakses fasilitas parking bay cukup besar.

Di samping itu, Bina Marga juga mempertimbangkan bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) Tbk dalam upaya menambah bahan bakar minyak (BBM) yang disiapkan berupa kalengan atau jerigen.

Untuk diketahui, lokasi parking bay di Tol Jakarta-Cikampek, terdapat di KM 18, KM 41, dan KM 59, sedangkan arah sebaliknya ada di KM 33 dan KM 58.

Adapun di Tol Cikopo-Palimanan (CipaliI untuk kedua arah, parking bay terdapat di KM 78, KM 153, KM 133+500, Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) di KM 191 +450 dan Tol Pejagan-Pemalang di KM 282 +500 pada kedua arah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com