Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Pandeglang Minta Kementerian PUPR Perbaiki Jalan Rusak

Kompas.com - 01/05/2017, 20:49 WIB

PANDEGLANG, KompasProperti - Bupati Pandeglang Irna Narulita berharap jalan menuju obyek wisata di Kabupaten Pandeglang, Banten, diperhatikan guna memberikan rasa nyaman bagi wisatawan yang berkunjung.

Dia menjelaskan, jalan menuju menunju obyek wisata merupakan jalan provinsi dan nasional, jadi perbaikan dan pemeliharaannya menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dan Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Jika jalan menuju tempat wisata mulus, dapat dipastikan industri pariwisata di Pandeglang akan semakin maju dan tingkat kunjungan wisatawan juga meningkat," ujar Irna seperti dilansir Antara, di Pandeglang, Senin (1/5/2017).

Ia menyatakan akan terus berkoordinasi dengan Kemenetreian PUPR dan Pemprov Banten terkait perbaikan jalan, termasuk yang menuju kawasan wisata.

"Belum lama ini saya bertemu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, menyampaikan langsung usulan perbaikan jalan nasional yang ada di Pandeglang, dan mendapat respon positif," ungkap Irna.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pandeglang Anwari Husnira menyatakan Kementerian PUPR siap memperbaiki jalan nasional rusak di wilayah itu.

Ia berharap, perbaikan jalan nasional bisa direalisasikan pada tahun ini, sehingga mendukung percepatan pembangunan yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

Arimbi Ramadhiani Jalan menuju KEK Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten. Gambar diambil Jumat (6/5/2016).
"Semua jalan nasional menjadi jalur transportasi vital dalam mendukung aktivitas ekonomi masyarakat," tambah Anwari.

Anwari menuturkan, di antara titik jalan nasional di Pandeglang yang saat ini kondisinya rusak ada di jalur Saketi-Labuan. Jalan itu fungsinya sangat vital karena menjadi lalu lintas perekonomian dan jalur wisata.

"Jalur itu merupakan jalan paling ramai dan menjadi akses transportasi semua masyarakat beberapa kecamatan di wilayah Pandeglang, baik dalam memasarkan hasil pertanian dan perkebunan maupun ketika ada keperluan ke kantor Pemkab," ujarnya.

Jalan tersebut, kata dia, juga menjadi jalur utama menuju beberapa obyek wisata andalan di Kabupaten Pandeglang, di antaranya Pantai Carita, Pantai Tanjung Lesung, Pulau Umang dan Pulau Panaitan.

"Jika jalan itu dibiarkan rusak dikhawatirkan akan memengaruhi tingkat kunjungan wisatawan ke Pandeglang," cetusnya.

Selain kepada Kementerian PUPR, Pemkab Pandeglang juga mengajukan usulan kepada Pemprov Banten agar memperbaiki jalan provinsi yang rusak di wilayah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com