Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Kota Efisien Butuh Kerja Sama Pemerintah dan Arsitek

Kompas.com - 17/03/2017, 11:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memiliki sejumlah program pembangunan.

Selain infrastruktur, program ini juga fokus pada pembangunan gedung-gedung, misalnya rumah susun untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Seluruh program ini, menurut Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Rina Agustin, bertujuan untuk pembangunan kota yang efisien secara luas.

"Kerja sama dengan PUPR diharapkan tidak hanya di sini, tapi juga ke depan bersama-sama terutama Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) untuk terus menerus memperbaiki kualitas bangunan," ujar Rina saat pembukaan Jakarta Design Week 2017, di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Jakarta Design Week 2017 digelar Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta. Ini adalah acara pertemuan tahunan pelaku serta profesional di bidang arsitektur dan desain di Indonesia.

Acara selama 4 hari ini menampilkan para pembicara ternama dalam dan luar negeri di bidang arsitektur seperti Massimo Al Visi, Luca Galo Faro, Astrid Sri Haryati, Fadjar Hutomo, Haryo Guruminda, dan Don Kamarga.

Acara tersebut terbagi dalam konferensi, Forum Regulasi, Forum Biro maupun penjurian karya profesional.

Jakarta Design Week dilaksanakan berbarengan dengan Megabuild 2017. Rina mengatakan, kedua forum ini sangat penting untuk mendukung pembangunan.

"Kami berharap forum ini dapat berguna bagi kelompok masyarakat yang saat ini tengah membangun infrastruktur," kata Rina.

Ia menambahkan, Ditjen Cipta Karya memiliki sejumlah program yang padat karya, artinya mengajak keterlibatan masyarakat dalam pembangunannya. Dananya ada sebagian dari pemerintah dan sebagian dari masyarakat sendiri.

"Dari pameran ini, masyarakat bisa melihat produk mana yang baru dan mana yang harganya lebih baik," sebut Rina.

Di samping itu, masyarakat dapat mencari produk efisien nyaman aman bagi pengguna sehari-hari.

Masyarakat juga bisa mengumpulkan masukan-masukan yang dapat membantu untuk membangun rumah dan permukiman mereka dengan material yang lebih baik, aman dan kompetitif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com