Kamis, 30 Maret 2017

Properti

Eureka Bangun Apartemen Mahasiswa di Kampus IPB

Dok Grup Eureka University Resort Apartment merupakan salah satu proyek terbaru apartemen dengan segmen mahasiswa di kawasan Bogor, Jawa Barat.

Jakarta, KompasProperti - Selain di Depok, Bandung, atau Serpong, gelagat pengembang membidik pasar properti mahasiswa juga terlihat di Bogor, Jawa Barat. Proyek terbaru apartemen dengan segmen mahasiswa itu adalah University Resort Apartment.

Proyek apartemen mahasiswa yang dikembangkan Eureka Group melalui kelompok usahanya PT Nusa Raya Propertindo (NRP) itu berlokasi di Kampus Darmaga IPB, Bogor. Posisinya ada di lahan seluas 1,5 hektar lingkungan kampus pertanian tersebut.

"Ini terinspirasi dengan fasilitas di National University of Singapore di Singapura. Kami ingin memberikan wajah lain di IPB sehingga perlu bekerja dengan pihak kampus," ujar Presiden Direktur PT Eureka Prima Lukman Purnomosidi, di sela pameran 'Indonesia Property Expo 2017' di Jakarta Convention Center, Jumat (17/2/2017).

Diberi nama resor, lanjut Lukman, karena view apartemen tersebut akan mengarah ke Danau Situ Gede dan hutan kota CIFOR yang selama ini menunjang kegiatan belajar dan penelitian para mahasiswa IPB.

Untuk tahap pertama proyek ini akan dikembangkan sebanyak lima blok apartemen. Masing-masing blok setinggi empat lantai (low rise building) dengan total 180 unit yang seluruhnya terdiri dari tipe studio.

Secara keseluruhan, proyek ini akan berkembang menjadi 15 blok apartemen. Harga pasaran yang ditawarkan mulai Rp 200 juta per unit.

"Kalau dihitung-hitung sama dengan cicilan Rp 2 jutaan per bulan atau sama dengan tarif kamar indekos di sekitar IPB yang kini berkisar Rp 800 ribu hingga Rp 1,5 juta per bulan," kata Lukman.

Sebelumnya, Director Head of Research and Consultancy Savills Indonesia, Anton Sitorus, mengatakan bahwa properti-properti yang memiliki konsep unik, segmen pasar jelas dan fokus, sangat berpeluang lebih diterima pasar di tahun ini. Bahkan, bisa dikatakan dengan mengembangkan proyek dengan tujuan pasar yang jelas dan terukur, ditambah konsep menarik, proyek seperti ini tidak mengenal kata krisis.

"Pelaksanaan Pilkada sedikit banyak memengaruhi rencana investasi masyarakat, meski pun begitu, untuk proyek tertentu yang kreatif, inovatif dan punya target pasar jelas ini tidak jadi kendala," kata Anton.

Sementara dilihat dari sisi kebutuhan, pasar apartemen memiliki permintaan paling besar saat ini. Pasar properti, khususnya apartemen, akan memasuki era siklus baru pada 2017, yakni tumbuh secara gradual dan kembali menjadi ladang investasi yang prospektif.

Editor : Latief
TAG:

TERPOPULER