Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bak Hotel Berbintang, Kamar Indekos Ini Bertarif Rp 6,7 Juta Per Bulan

Kompas.com - 20/01/2017, 23:00 WIB
Lidwina Hanna Ratna Maharrini

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan hal istimewa jika di Jakarta terdapat banyak rumah indekos mewah dengan fasilitas bak hotel berbintang.

Namun, ketika disodori tarif per bulannya, tak urung membuat Kompas.com tertegun, dan geleng-geleng kepala.

Kawasan Setiabudi, Karet Kuningan, dan Bendungan Hilir, bisa dikatakan sebagai sarangnya rumah indekos mewah. Kawasan-kawasan tersebut dekat dengan perkantoran, dan pusat bisnis.

Kompas.com menemukan sejumlah rumah indekos apik yang disewakan dengan rentang harga mulai dari Rp 4 juta, Rp 6,5 juta, hingga Rp 7 juta per bulan. Harga itu, memang, terbilang mahal untuk sebuah kamar setiap bulannya.

Meski terbilang mahal, rupanya semua rumah indekos yang Kompas.com kunjungi sudah terisi penuh. Setiap kamar sudah ada penghuninya.

Untungnya di setiap rumah indekos terdapat satu sampai dua kamar yang merupakan unit contoh (show unit).

Ketika Kompas.com masuk ke dalamnya, tarif mahal tersebut menjadi wajar. Secara umum, kamar indekos jutaan rupiah itu terlihat tak kalah apik bila dibandingkan kamar hotel berbintang. Fasilitas dan pelayanannya pun lengkap dan memadai.
 
Fasilitas

Kamar bertarif Rp 6,7 juta per bulan di kawasan Setiabudi, contohnya. Di kamar seluas 3,4 x 5,5 meter itu terdapat tempat tidur ukuran besar (king size), meja kecil, lemari, televisi layar datar yang menempel di dinding, AC, dan kamar mandi berisi kloset, wastafel, dan shower.

Lidwina Hana Ratna Maharrini/Kompas.com Fasilitas kamar kos.
Kamar yang terletak di lantai 3 itu memiliki sebuah jendela besar. Bila gorden dibuka, cahaya matahari masuk, dan penghuni bisa melangkah ke balkon kecil seraya melihat panorama kota Jakarta.
 
Wildan, penjaga rumah indekos itu mengatakan, dengan membayar Rp 6,7 juta per bulan, setiap penghuni bisa mendapat pelayanan lengkap yang membuat mereka betah.

Pelayanan itu berupa cuci baju empat potong pakaian setiap hari dan pembersihan kamar sebanyak dua kali dalam seminggu. Penghuni juga mendapat akses TV kabel dan jaringan internet.

"Untuk berselancar dengan internet, setiap penghuni mendapat nama guna dan kata kunci masing-masing," ujar Wildan kepada Kompas.com, Jumat (20/1/2017).

Jadi, menurut Wildan, setiap penghuni akan mendapat koneksi yang stabil, tidak berebut dengan penghuni lainnya.

Lidwina Hana Ratna Maharrini/Kompas.com Rooftop lantai 6 digunakan untuk menerima tamu.
Beralih ke rumah indekos lainnya di kawasan Karet Kuningan. Tampilannya tak jauh berbeda dengan akomodasi serupa di Setiabudi. Namun harganya lebih murah.

Terdapat tiga tipe kamar di rumah indekos ini, dengan tarif Rp 4,1 juta, Rp 4,2 juta, dan Rp 4,9 juta. Perbedaannya terletak pada luas kamar dan akses terhadap pemandangan kota.
 
Di rumah indekos tersebut, Kompas.com memasuki kamar kelas deluxe yang tarifnya Rp 4,1 juta. Furnitur yang ada di dalamnya sama dengan semua kamar, ditambah dengan sebuah kulkas satu pintu.

Di dalam kulkas tersebut, ada seperangkat alat makan yang disediakan untuk penghuni.
 
Desain kamar didominasi nuansa kayu yang  menciptakan suasana hangat. Tak ada jendela di kamar itu, jadi semua pencahayaan berasal dari lampu yang temaram.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com