Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Berburu Rumah Baru, Berapa Jumlah Kamar Tidur yang Harus Anda Miliki?

Kompas.com - 10/06/2024, 22:14 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam membangun rumah, salah satu hal yang wajib diperhatikan adalah jumlah kamar tidur yang akan dimiliki.

Sebenarnya, tidak ada ketentuan umum untuk menentukan berapa banyak kamar tidur yang harus ada di sebuah rumah.

Namun menurut House Plans, hal pertama yang harus Anda pertimbangkan ketika membanhun atau membeli rumah adalah melihat jumlah orang yang ada di dalam keluarga.

Baca juga: Yuk Sulap Kamar Tidur di Rumah Anda Seperti di Hotel Bintang 5

Jika memiliki keluarga beranggotakan empat orang, dengan dua anak, Anda bisa memilih rumah dengan 3 kamar tidur jika Anda ingin setiap anak memiliki kamar sendiri.

Bila ada kemungkinan untuk menambah anak, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memilih rumah dengan jumlah kamar tidur yang lebih banyak.


Jika Anda sering menampung anggota keluarga atau teman di rumah untuk jangka waktu tertentu, pastikan tersedia kamar tamu.

Kehadiran kamar tamu bisa membuat mereka merasa nyaman dengan memiliki ruangan khusus khusus untuk tamu.

Biasanya, sebagian besar rumah hunian cenderung memiliki 3 atau 4 kamar tidur. Jumlah tersebut dianggap ideal berkaitan dengan pembagian ruang lainnya.

Baca juga: 7 Cara Mudah Bikin Kamar Tidur Anda Kedap Suara

Jika Anda memiliki keluarga beranggotakan 6, 7, atau 8 orang, Anda bisa memilih rumah yang memiliki minimal 6 kamar tidur.

Bagi yang memiliki anggaran pas-pasan, Anda selalu bisa mendapatkan rumah dengan kamar tidur lebih sedikit namun harus dioptimalkan penggunaannya.

Bila Anda bekerja dari rumah dan membutuhkan kantor sendiri, carilah rumah yang memiliki kamar tidur tambahan. Kamar tidur tersebut dapat direnovasi menjadi kantor.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com