Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senilai Rp 2,2 Triliun, Lippo Lepas 15 Persen Saham Siloam ke CVC

Kompas.com - 31/08/2016, 19:17 WIB
M Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) melepas 15 persen saham PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) ke CVC, sebuah kelompok usaha ekuitas global. Transaksinya senilai Rp 2,2 triliun.

CVC akan berinvestasi 15% di PT Siloam International Hospitals Tbk (Siloam) dengan membeli saham tersebut dari LPKR dan Ciptadana. CVC akan berpartisipasi dalam rencana Penawaran Umum Terbatas (PUT) yang akan dilakukan Siloam.

Ketut Budi Wijaya, Presiden Direktur LPKR, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (30/8/2016), menyatakan Siloam telah menyampaikan surat ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Proses untuk seluruh transaksi PUT itu akan selesai pada Desember 2016. Penyampaian surat tersebut merupakan proses formal awal untuk mendapat persetujuan dari para pemegang saham serta badan otoritas atas rencana PUT Siloam.

LPKR akan menggunakan sebagian besar dana hasil penjualan saham lama itu untuk memperluas jaringan rumah sakitnya dan melaksanakan Penawaran Umum Terbatas yang ditawarkan sesuai porsi sahamnya dalam PUT Siloam. Dana PUT itu selanjutnya akan digunakan terutama untuk membiayai ekspansi proyek rumah sakit dan modal kerja.

"Kami ingin terus memperluas dan memperkuat jaringan rumah sakit Siloam secara nasional. Kemitraan dengan CVC akan mewujudkan cita-cita ini menjadi kenyataan lebih cepat dan lebih pasti," ujar Ketut.

Di saat bersamaan, lanjut Ketut, transaksi tersebut akan meningkatkan jumlah saham Siloam yang beredar sehingga akan memperluas basis pemegang saham Siloam, terutama akan meningkatkan likuiditas saham Siloam.

Adapun investasi di Siloam tersebut merupakan kemitraan ketiga antara Grup Lippo dengan CVC, termasuk kesuksesan investasi bersama di PT Matahari Department Store, Tbk (MDS) di 2010 dan PT Link Net, Tbk (LINK) pada 2011. Nilai perusahaan MDS dan LINK naik empat kali lipat pada saat kedua perusahaan tersebut melakukan penawaran umum internasionalnya, masing-masing pada Maret 2013 dan Nopember 2014.

CVC sendiri merupajan perusahaan private equity global dan penasihat investasi terkemuka dengan jaringan 24 kantor di seluruh Eropa, Asia dan Amerika Serikat. Sampai saat ini CVC dipercaya mengelola dana sebesar 85 miliar dollar AS dari beberapa investor di Eropa dan Asia di sektor ekuitas, kredit dan dana pertumbuhan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com