Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Kemacetan Mudik 2017, Jumlah TI Ditambah

Kompas.com - 18/07/2016, 21:10 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Imbas dari kemacetan horor di pintu keluar Tol Brebes Timur kala mudik Lebaran 2016, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menambah rest area atau Tempat Istrahat (TI) minimalis tiap 10 kilometer.

Upaya ini diharapkan mampu mengatasi penumpukan kendaraan di TI yang mengakibatkan kemacetan pada insiden beberapa minggu lalu.

“Untuk ke depannya akan ditambah TI yang minimalis (bukan full service) tiap 10 kilometer yaitu dengan menambah toilet-toilet serta tempat ibadah,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, saat menghadiri acara Konferensi Pers Evaluasi Angkutan Lebaran 2016 di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (18/7/2016).

Dalam acara tersebut, Basuki juga menuturkan, kemacetan panjang yang terjadi berasal dari bottleneck ruas jalan di luar tol sehingga antrean mengular sepanjang 18 kilometer dan memakan waktu lebih dari 24 jam.

"Kemacetan bukan di ruas tol, tapi dampaknya ke tol," sebutnya.

Bukan hanya itu, Basuki juga menyatakan akan segera mempercepat pembangunan Tol Trans Jawa khususnya hingga Semarang sesuai instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kita akan segera lanjutkan dari Pemalang-Batang sepanjang 40 kilometer dan Batang-Semarang 75 kilometer,” pungkasnya.

Kompas Video Antrean Kendaraan Sepanjang 18 KM di Tol Pejagan - Brebes
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com